Bau Sampah Menyengat Dikeluh Warga Cengkareng

oleh -

NASIONALNEWS.ID, JAKARTA – Warga keluhkan aroma tidak sedap yang timbul dari tempat pembuangan sampah (TPS) yang berlokasi di Jalan Kamal Raya Outer Ring Road, Cengkareng, Jakarta Barat, Minggu (29/12/2019).

Antrian puluhan gerobak dan truk pengangkut sampah yang berjejer di sepanjang jalan tersebut, selain mengakibatkan arus lalu lintas tersendat juga menimbulkan bau busuk yang menyengat, sehingga mengganggu pengendara yang melintas serta warga pemukiman.

Jhonit pengguna Jalan yang sering melintasi area tersebut sangat menyayangkan dengan pembiaran bau yang tidak sedap (menyengat) dari truk truk sampah yang parkir di pinggir Jalan Outer Ring Road.

“Saya setiap melintas disini pasti bau sampah yang menyengat, apalagi sekarang musim penghujan lebih parah lagi baunya,” ucapnya.

Sementara warga sekitar Nurhasanah mengungkapkan, semenjak adanya bongkar muat sampah rumah tangga dari gerobak ke dalam truk pengangkut sampah di lokasi tersebut, membuat warga di lingkungannya sangat terganggu dengan bau busuk.

“Saya berharap kepada pemerintah setempat untuk mendengarkan keluhan kami. Setidaknya truk-truk sampah tidak terlalu lama parkir di jalan itu. Atau kalau perlu dipindahkan ke lokasi yang jauh dari pemukiman warga,” harapnya.

Sementara Kepala Seksi Pengelolaan Sampah Suku Dinas Lingkungan Hidup Jakarta Barat, Daim mengatakan, pihaknya sudah menerima laporan komplain dari warga. Saat ini sudah berkoordinasi dengan Kasatpel Lingkungan Hidup Kecamatan Cengkareng untuk mencari solusi terkait keluhan warga.

“Saat ini kami sedang mencari solusi bagaimana mengatasi keluhan warga. Kami sedang mengupayakan relokasi ke tempat lain agar tidak mengganggu warga sekitar dan pengguna jalan,” kata Daim saat dihubungi lewat seluler, Minggu (29/12).

Daim berharap masyarakat bersabar dengan upaya dari Suku Dinas Lingkungan Hidup Kota Administrasi Jakarta Barat sekarang ini. Karena menurutnya, keluhan masyarakat lebih penting dan harus diutamakan.

“Sabar ya, kami pastikan mencari solusinya. Dalam minggu-minggu ini akan diselesaikan. Sementara akan ada petugas PPSU yang standby di sana untuk membantu meminimalisir bau. Dan truk tidak berlama-lama parkir di lokasi,” pungkasnya. (BB)