Camat Launching Kampung Bersinar Terang Desa Wanareja

oleh -
20200303 225116

NASIONALNEWS.ID. CILACAP – Desa Wanareja Kabupaten Cilacap dicanangkan sebagai kampung atau Desa Bersinar Terang, akronim dari Bersih dari Narkoba, terorisme, radikalisme dan organisasi terlarang. Pencanangan secara simbolis dengan pengguntingan pita oleh Camat Wanareja, Muhammad Najib didampingi Kapolsek Wanareja, AKP Sutejo HS dan Kepala Desa Wanareja, Juhana serta Hery perwakilan dari Koramil di RT 04 RW 03 Desa Wanareja, Selasa (3/3/2020) malam.

1583244721050pic

Kepala Desa Wanareja, Juhana dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada unsur Forkompimcam beserta masyarakat, khususnya Kader Bersinar Terang.

“Kampung Bersinar Terang yang ada di Desa Wanareja jangan sampai hanya sebatas dicanangkan saja, tetapi kedepannya Kampung Bersinar Terang betul-betul harus diwujudkan,” pintanya.

Camat Wanareja, Muhammad Najib menjelaskan, launching Desa Bersinar Terang sejalan dengan program pemerintah Kabupaten Cilacap untuk mewujudkan Cilacap yang Bercahaya. Dalam implementasinya membutuhkan suatu perjuangan dan kerja keras seluruh komponen pemerintah dan masyarakat.

“Penataan mental, perubahan pola pikir, sumber daya manusia, adalah modal terwujudnya kelestarian program pembangunan pemerintahs secara berkelanjutan. Di sisi lain fenomena dalam masyarakat tidak semudah membalikkan telapak tangan,” ungkap Najib.

Menurutnya, masih banyak tantangan yang dihadapi seperti narkoba, terorisme dan radikalisme, yang merupakan ancaman bagi kelestarian NKRI.

1583244509812pic

“Terkait hal itu, sinergitas Polres Cilacap dan Pemkab Cilacap sebagai pemrakarsa dan pelopor pencanangan Desa Bersinar Terang di Kabupaten Cilacap sangat tepat,” pungkasnya.

Sementara Kapolsek Wanareja, AKP Sutejo HS menuturkan, melalui pencanangan ini, pemangku kepentingan dapat dengan mudah mengawali pembinaan, ajakan dan komitmen untuk berpegang teguh pada ideologi negara. Selain itu generasi muda merupakan aset bangsa yang pada saatnya nanti akan meneruskan tongkat estafet perjuangan bangsa.

“Cilacap harus bersih dari narkoba, organisasi terlarang, dan program ini harus dilaksanakan secara bersama-sama, bukan hanya tugas Polri, TNI, Pemerintah Daerah Cilacap, melainkan masyarakat pun harus berperan aktif dalam mewujudkan Desa Bersinar Terang,” tandasnya.

Launching Desa Bersinar Terang ditandai dengan pengguntingan pita dan pemakaian rompi kader Desa Bersinar Terang kepada para kader oleh Camat yang dilanjutkan Kapolsek, Kepala Desa dan perwakilan dari Koramil.

Selanjutnya pembacaan janji oleh ketua Kader Desa Bersinar Terang yang diikuti anggota kader dan semua yang hadir dalam acara launching Desa Bersinar Terang, termasuk Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat.

Kemudian dilakukan penandatanganan kesepakatan terkait Desa Bersinar Terang, mulai dari Camat, Kapolsek, Koramil, Kepala Desa, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, dan perwakilan organisasi kepemudaan lainnya. (Junaedi)

No More Posts Available.

No more pages to load.