Diduga Limbah Pabrik Alas Kaki Ternama di Tangerang Dibuang Secara Ilegal

oleh -
Limbah Alas Kaki dibuang Secara Ilegal
Limbah sisa industri yang dibuang secara ilegal di kawasan Industri Cikupa Mas Kabupaten Tangerang.

NASIONALNEWS.ID, TANGERANG – Diduga beberapa perusahaan alas kaki dengan merek terkenal membuang limbah (sampah sisa industri ) secara ilegal di Kawasan Industri Cikupa Mas, Kabupaten Tangerang.

Hal tersebut terungkap saat Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) melakukan sidak di kawasan pembuangan dan pembakaran sampah liar, pada Rabu (17/6/2020) sore.

Ijah (40) salah satu warga yang setiap hari mengais sampah mengatakan, dalam sehari bisa beberapa mobil dari PT KMK Global Sport membuang sampah di tempat tersebut. Diketahui, PT KMK Global Sport adalah pabrik pembuatan alas kaki merek internasional, Nike.

“Sehari bisa berapa aja dari KMK (PT KMK Global Sport-red) buang disini sampahnya (limbah industri-red). Hampir tiap hari itu,” ujar Ijah.

Selain PT KKM Global Sport, perusahaan alas kaki lainnya yang diduga membuang sampah secara ilegal di tempat ini adalah Karinda.

Perusahaan ini merupakan pabrik sepatu yang berlokasi di salah satu Kawasan Berikat Nusantara di wilayah Kecamatan Cikupa, Kabupaten Tangerang.

Di tempat ini juga banyak ditemukan sampah atau limbah sisa industri sepatu dengan merek Slazengger. Pabrik lain yang membuang sampah di sini adalah PT. Chin Li di kawasan Millenuim.

Sementara Seno supir truk yang mengangkut sampah serta membuangnya di Kawasan Industri Cikupa Mas saat diwawacarai mengaku baru kali ini ia membuang sampah di tempat ini.

“Dari PT Chin Li, Kawasan Millenium. Tapi saya baru sekarang buang sampah di sini. Kalau biasanya, saya enggak tau siapa yang buangin,” katanya.

Sementara itu, Kepala Pengelola Kawasan Industri Cikupa Mas Thomas Otemusimengaku, kawasan tersebut bukanlah tempat pembuangan sampah. Ini adalah lahan komersial yang suatu saat akan dikembangkan untuk perluasan kawasan industri.

“Ini sebenarnya liar, yang mana masyarakat sekitar, dan beberapa oknum yang buang (sampah-red) di sini,” kata Thomas Otemusi.

Terkait adanya dugaan PT KMK Global Sport yang membuang sampah di tempat itu, kata Thomas, seharusnya tidak terjadi.

“sejauh ini sudah memberikan imbauan, tidak hanya PT. KMK Global Sport, tapi seluruh perusahaan di Kawasan Cikupa Mas untuk tidak membuang sampah sembarangan di tempat ini,” tukasnya. (Iwan/yuyu)