DPP IPKBI Mendapatkan Penghargaan Pelopor Keselamatan Transportasi Jalan Dari KNKT

oleh -
Img 20201231 101909

NASIONALNEWS.ID. JAKARTA. Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Ikatan Penguji Kendaraan Bermotor Indonesia (IPKBI) mendapatkan penghargaan sebagai Pelopor Keselamatan Transportasi Jalan dari Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT), Penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Ketua Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) Dr. Ir. Soerjanto Tjahjono kepada DPP IPKBI dan diterima langsung oleh Sekretaris Jenderal DPP IPKBI, Dr. Fatchuri, ST. MMTr. IPM. bertempat di The Trans Resort, Bali, Selasa (22/12/2020).

Sekretaris Jenderal DPP IPKBI, Dr. Fatchuri, ST. MMTr. IPM, mengatakan, pengujian kendaraan bermotor kedepannya harus lebih baik lagi.

“Kita harus mampu menunjukkan bahwa pegujian saat ini dan kedepan harus jauh lebih baik, terstandar dan terukur sehingga memunculkan kepercayaan seluruh pihak dan mencakup optimalisasi seluruh pemeriksaan persyaratan teknis, bukan hanya persyaratan laik jalan pada sistem kendaraan bermotor wajib uji kir”. Katanya kepada awak media di Jakarta, Rabu, (30/12/2020).

Menurut KNKT penghargaan sebagai pelopor keselamatan transportasi jalan ini diberikan bentuk ucapan terimakasih kepada para penguji kendaraan bermotor yang selama ini membantu KNKT dalam melakukan investigasi dilapangan pada saat terjadinya Laka Lalu Lintas di seluruh Wilayah Indonesia, Investigasi sering terkendala akibat letak geografis medan dilapangan yang sulit dalam menjangkau pengecekan kendaraan dan sarana jalan, hal ini mempermudah dengan bantuan para tenaga penguji dilokasi kecelakaan lalu lintas.

“Saya berharap Ikatan Penguji Kendaraan Bermotor Indonesia (IPKBI) baik di Pusat maupun di Daerah harus berperan aktif dalam mendorong tenaga penguji yang professional dan menegakkan kode etik profesi penguji, serta intens melakukan program pembinaan,” ungkap Fatchuri.

Img 20201231 Wa0033

Kolaborasi dalam support data terkait kondisi komponen sistem kendaraan bermotor akan membantu mempermudah investigasi kecelakaan transportasi jalan sangat bermanfaat. Kedepannya kedua belah pihak, yaitu Penguji Kendaraan Bermotor dan Investigator bersepakat akan melakukan kerjasama dalam meningkatkan kemampuan bagi para penguji melalui Bimbingan Teknis (Bimtek) terutama dalam mengenali resiko kecelakaan lalu lintas dari faktor pada sistem kendaraan bermotor khususnya kendaraan wajib uji kir yang selama ini diinvestigasi KNKT, Bimbingan Teknis juga diarahkan dalam menyongsong Era Industri 4.0 dengan lahirnya kendaraan – kendaraan yang sudah berbasis Digitalisasi seperti halnya kendaraan listrik.

Fatchuri kembali mengatakan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Ikatan Penguji Kendaraan Bermotor Indonesia (IPKBI), bekerjasama dengan Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT), Dinas Perhubungan Propinsi DKI Jakarta dan Instivigator senior dari ITB akan melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek), bertempat di Unit Pengelola Pengujian Kendaraan Bermotor (UPPKB) Pulogadung Dinas Perhubungan Propinsi DKI Jakarta, Pada tanggal 9 Januari 2021 mendatang.

Bimbingan Teknis ini akan dimulai terlebih dahulu dari Propinsi DKI Jakarta sebagai role model untuk mengasah kompetensi para penguji dalam meningkatkan pengetahuan, ketrampilan serta sikapnya, dan kedepannya IPKBI akan mengusulkan kepada Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, Kementerian Perhubungan Republik Indonesia selaku Pembina IPKBI untuk menyelenggarakan Bimbingan Teknis sebagai program pengendali teknis keselamatan transportasi jalan kepada seluruh anggota penguji yang terpusat pada 34 Propinsi dengan menghadirkan penguji kendaraan bermotor ke 514 kabupaten dan kota yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia secara bertahap atau kurang lebih tenaga teknis ASN dan Non ASN yang berjumlah 6.000 orang dan menghadirkan sebagai kegiatan wajib bagi penguji dengan metode Door To Door. (Srj)