Edaran Agen eWarung Menjadi Warung Gotong Royong, Dinsos Lamongan Bungkam

oleh -
img 20220412 wa0002

NASIONALNEWS.ID, LAMONGAN – Beredar surat perubahan untuk Agen atau eWarung, menjadi Warung Gotong Royong, yang mekanisme penyaluran program sembako gelombang II tahun 2022 dari Dinas Sosial Kabupaten Lamongan, Jawa Timur.

JaIan Jaksa Agung Suprapto No. 63 Lamongan Kode Pos 62217 Telp. (0322) 321704 Fax 316147 email: dinsɔ[email protected] website : www.lamongankab.go.id

Mekanisme Penyaluran Program Sembako Gelombang II sebagai berikut.

I. Pendamping Bansos Pangan Kecamatan

1) Tugas : Pendamping Bansos Pangan Kecamatan dari unsur TKSK, Tagana, PSM, dll yang di SK oleh Dinas Sosial Kabupaten. Pendamping Bansos Pangan Kecamatan menandatangani SPTJM dan Surat Tugas yang diberikan oleh Dinas Sosial Kabupaten Lamongan.

Pendamping Bansos Pangan Kecamatan bertugas melakukan Sosialisasi kepada Camat, Desa/Kelurahan, Warung Gotong Royong dan KPM. Pendamping Bansos Pangan Kecamatan juga bertugas sebagai Pengawas Penyaluran Sembako di setiap kecamatan masing-masing. Melakukan Edukasi kepada KPM agar memanfaatkan Dana Program Sembako untuk dibelanjakan Kebutuhan Sembako di Warung Gotong Royong. Melakukan Edukasi kepada Warung Gotong Royong agar siap dan tepat 6T dalam melayani KPM yang berbelanja, dan
melaporkan hasil realisasi penyaluran sembako melalui POS dengan Format yang disediakan, dan dilaporkan ke Dinas Sosial Kabupaten Lamongan cq. Bidang Fakmis (Koordinator Bansos Daerah).

2) Aturan : Pendamping Bansos Kecamatan tidak boleh ikut menentukan/terlibat menjadi distributor Sembako di Kecamatan masing-masing.
Pendamping Bansos Kecamatan bersedia dan wajib melakasanakan tugas dan fungsi sesuai aturan yang ditandatangani di SPTJM.
Pendamping Bansos Kecamatan wajib melaporkan permasalahan dan realisasi laporan setelah penyaluran Sembako melalui POS paling lambat 6 hari setelah tanggal penyaluran.

II. Warung Gotong Royong

1) Tugas : Warung Gotong Royong dari unsur e-Warung, Agen, atau toko kelontong yang di setujui oleh Dinas Sosial dan berubah nama menjadi WARUNG GOTONG ROYONG.
Warung Gotong Royong menanda tangani SPTJM dan Surat Tugas yang diberikan oleh Dinas Sosial Sebagai pengontrol dan pengawasan titik-titik Lokasi tempat warung. Warung Gotong Royong harus mempunyai Toko Kelontong. Pemilik tidak dari Unsur ASN, TNI,POLRI, dan memiliki timbangan. Warung Gotong Royong menjual Kebutuhan bahan sembako yang mengandung karbohidrat, Protein Hewani, Protein Nabati, Vitamin dan Mineral. Warung Gotong Royong melayani dengan 6T (tepat waktu tepat harga, tepat jumlah, tepat sasaran tepat kualitas, tepat administrasi). Warung Gotong Royong sebagai mitra penjual melayani KPM untuk belanja kebutuhan sembako sesuai dengan kebutuhan yang ditentukan dalam Permensos Tahun 2022.

Warung Gotong Royong memberikan Struk pembelian kepada KPM setelah belanja dan meng-upload Foto Struk ke dalam aplikasi ESEMBAKO yang disediakan oleh Dinas Sosial Kabupaten Lamongan.

2) Aturan : Warung Gotong Royong tidak boleh dari Unsur ASN,TNI,POLRI maupun dari Pihak Desa.
Warung Gotong Royong diusulkan oleh Desa, Kecamatan, TKSK dan di setujui oleh Dinas Sosial Kabupaten Lamongan. Warung Gotong Royong yang sudah ditentukan tidak boleh melakukan pengadaan belanja sendiri, untuk menghindari kecurangan dalam pengontrolan Program Sembako. Warung Gotong Royong harus mempunyai Banner nama Toko, menjual Toko Kelontong, menempelkan harga pasar, memberikan Struk pembelian dan menyediakan timbangan. Warung Gotong Royong tidak boleh mengedarkan kupon atau sistem pemesanan kepada KPM sehingga tidak terjadi kecurangan. Warung Gotong Royong wajib mengembalikan atau menukar Komoditas kepada distributor apabila komoditas dirasa Rusak (return) sebelum diberikan kepada KPM.

III. Distributor Sembako

1) Tugas : Distributor Sembako sebagai penyedia kebutuhan Pangan Sembako yang mengandung (Karbohidrat, Protein Hewani, Protein Nabati, Vitamin dan Mineral) yang disetujui oleh Dinas Sosial Kabupaten Lamongan. Distributor Sembako mampu menyediakan komoditas sembako sesuai dengan 6T(tepat waktu, tepat harga tepat jumlah, tepat sasaran, tepat kualitas tepat administrasi). Distributor Sembako membentuk kerja sama dengan Warung Gotong Royong dengan Berita Acara kerja sama tertulis.

2) Aturan : Distributor Sembako wajib menyediakan komoditas Sembako di Warung Gotong Royong (H-1) sebelum penyaluran Program Sembako di POS sehingga mempermudah KPM untuk segera berbelanja.
Distributor Sembako menyediakan komoditas sesuai dengan kebutuhan komoditas dari Warung Gotong Royong.

Namun dengan adanya surat edaran tersebut, wartawan dari media nasionalnews.id mencoba mengkonfirmasi Kepala Dinas sosial Kabupaten Lamongan Hamdani Azahari sekira pukul 14.22 WIB, namun pihaknya tidak ada di kantor. Dan mencoba menghubungi melalui pesan singkat WhatsApp namun belum mendapatkan jawaban.

Sholichan

No More Posts Available.

No more pages to load.