Fasos Fasum Perumahan Taman Jaya Belum Diserahkan ke Pemkot Tangerang

oleh -
pemkot tangerang

NASIONALNEWS,ID, KOTA TANGERANG – Fasilitas sosial dan fasilitas umum (fasos fasum) Perumahan Taman Jaya dari tahun 1996 belum diserahkan ke Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang. Perumahan yang beralamat di Jalan Maulana Hasanudin, Rukun Warga (RW) 011 Kelurahan Cipondoh Makmur, Kecamatan Cipondoh tak jauh dari Stasiun Kereta Rel Listrik (KRL) yaitu Stasiun Poris dan akses terdekat menuju gerbang Tol Karang Tengah Barat.

Namun demikian warga Perumahan Taman Jaya RW 011, kompak bergotong royong dalam kegiatan kemasyarakatan. Walau berbeda status sosial, suku, agama, ras dan bermacam jenis usaha, tetapi kerukunan antar warga terjaga terjaga. Hal itu dapat dirasakan saat wartawan menyambangi Perumahan Taman Jaya, pengurus dan Ketua RW, Suyatno dan mantan Ketua RW, Nurdin dan usahawan Haji Irwan serta warga kumpul bersama di kantor sekretariat RW 011.

“Alhamdullillah warga di sini hampir seluruhnya kompak pak, walau mungkin ada segelintir warga yang kurang mendukung tapi itu tidak menjadi sebuah masalah. Nah yang saya maksud kompak itu dalam artian ikut sama-sama dalam memajukan segala kegiatan yang sifatnya gotong royong di wilayah Perumahan Taman Jaya khususnya di RW 011 ini,” jelas Suyatno di kantornya, Rabu (2/12/2020)

Suyatno menuturkan, bahwa dari bantuan warga yang berpartisipasi didirikan kantor sekretariat RW dan pembangunannya kekurangan anggaran akhirnya masih berhutang,

“Contohnya disini pak, yang tempat kita kumpul ini sebuah Kantor sekretariat untuk RW yang anggarannya saja masih utang dan ada juga sumbangsih dari warga yang turut berpartisipasi membantu,” ungkap Suyatno.

Suyatno bersyukur, bahwa di perumahan ini ada beberapa tempat usaha mandiri milik warga yang berwiraswasta yang mampu menyerap tenaga kerja, khususnya warga sekitar Perumahan Taman Jaya.

“Patut disyukuri bahwa dari sisi positifnya sangat membantu untuk warga sekitar, karena dapat menyerap tenaga kerja walau tidak terlalu berdampak luas, tetapi bisa membantu dari segi ekonomi,” pungkasnya.

Sementara, mantan Ketua RW 011, Nurdin yang sudah memiliki salah satu usaha mikro sejak 23 tahun yang lalu, memberikan pandangan bahwa warga disini tidak mau ikut larut dalam duka yang melanda lndonesia dengan terus adanya pandemi Covid-19 tapi terus berkarya dan berusaha untuk mencari nafkah buat keluarga.

“Walau saya sendiri sangat berat untuk memutar roda usaha di tengah-tengah pandemi ini. Semoga saja dengan ketekunan kami selaku usahawan, untuk sedikit memberi bantuan buat fasilitas umum dan para warga sekitar RW 011 yang kompak untuk mengadakan kegiatan bakti sosial maupun gotong royong,” tandasnya.

Terkait fasos fasum Perumahan Taman Jaya, menurutnya belum dikembalikan ke Pemerintah Kota Tangerang sampai saat ini.

“Dari tahun 1996 hingga saat ini pihak pengembang belum menyerahkannya ke Pemerintah,” tandasnya. (Choki)