Jauh dari Puskesmas, Warga Kampung Rotea Pilih Berobat ke Pos Satgas Yonif 754/ENK

oleh -
Img 20200306 Wa0028

NASIONALNEWS.ID, SARMI – Jauhnya jarak menuju Puskesmas, masyarakat kampung Rotea, Distrik Bonggo Barat, Kabupaten Sarmi lebih memilih berobat ke Pos Satuan Tugas (Satgas) Batalyon Infanteri 754/ENK.

Sebelumnya, anggota Satgas Yonif 754/ENK yang berada di distrik Bonggo mendengar dari masyarakat, bahwa ada 2 orang yang terluka di kampung mereka yang sudah beberapa hari ini tidak kunjung sembuh, yakni Bapak Leonard dan Adik Obert, Kamis (05/03/2020).

Yonif 754/ENK

Mendengar hal tersebut, anggota Satgas Yonif 754/ENK yang dipimpin Serka Mislan Sarif bersama 5 anggota dan 1 anggota Kesehatan yang saat itu akan melaksanakan patroli sekaligus memberikan pengobatan kepada masyarakat di Distrik Bonggo Barat dengan berjalan menempuh jarak 15 Kilo Meter (KM) dari Pos Satgas.

Serka Mislan Sarif, mengatakan, bahwa pada saat anggota Satgas Yonif 754/ENK tiba di kampung Rotea, anggota Kesehatan langsung menemui Bapak Leonard Uduas yang mengalami luka robek di pelipisnya akibat kecelakaan beberapa waktu yang lalu.

“Melihat luka yang tak terobati dan dibiarkan begitu saja, anggota Kesehatan satgas langsung mengambil tindakan untuk segera mengobati Leonard agar keadaannya menjadi lebih baik dan bisa segera sembuh,” ungkapnya.

Setelah mengobati Bapak Leonard, anggota kesehatan kembali mencari seorang anak bernama Obert Bitbit yang juga mengalami hal serupa.

“Melihat Obert yang sedang bermain dan kakinya masih terpincang-pincang, anggota kesehatan satgas memanggilnya untuk segera di obati, dimana Luka adek Obert ini didapat saat dia membantu orang tuanya di kebun dan terkena kayu yang tajam, sehingga membuatnya terluka, naasnya karena keterbatasan tenaga medis dan jarak yang lumayan jauh untuk puskesmas luka adek Obert tak pernah di obati oleh siapapun,” tambah serka Mislan

Setelah mendapat pengobatan dari anggota Kesehatan Satgas, adek Obert dan Bapak Leonard merasa kondisi kesehatannya menjadi lebih baik.

Leonard Uduas, yang juga kepala kampung Rotea, menyampaikan selaku pribadi merasa tertolong atas kebaikan hati dari anggota TNI yang sengaja datang untuk membantu mengobati dirinya dan juga masyarakat. (Yeri Tarima)