Kades Palugon Beberkan Penggunaan Dana Desa

oleh -
Img 20200408 122231

NASIONALNEWS.ID, CILACAP – Akibat berita yang kurang sedap, Kepala Desa Palugon, Tasja Al Suryana didampingi Ketua BPD membeberkan penggunaan Dana Desa Palugon Kecamatan Wanareja Kabupaten Cilacap.

Suryana mengatakan, Dana Desa tahun 2019 semuanya sudah terserap, silahkan dicek langsung ke lapangan, dan tanyakan kepada masyarakat, Rabu (8/4/2020).

“Kami Pemdes Palugon berusaha transfaran kepada masyarakat, terkait penggunaan Dana Desa, bahkan dari pihak Kecamatan Wanareja juga sudah melakukan monitoring dan evaluasi terkait penggunaan dana desa,” tegas Suryana.

Camat Wanareja, Muhamad Najib membenarkan bahwa pihak kecamatan sudah melakukan monitoring dan evaluasi.

“Terkait permasalahan yang dihadapi Desa Palugon, saya akan mengambil langkah, dengan adanya permasalahan tersebut, kita akan mencari solusi bersama , besok Kamis saya akan mengundang kades mengikut sertakan Plt Sekdes, dan juga mengundang saudara Memed selaku mantan kades. Harapan kita dengan bersilaturahmi nanti ketemu solusi yang tepat untuk menyelesaikan permasalahan yang dihadapi oleh Desa Palugon,” pungkasnya.

Sementara Ketua BPD Desa Palugon, Indro P juga membenarkan, masalah penggunaan dana desa surah dilaksanakan sesuai juklak dan juknis yang sudah ditentukan.

“Masyarakat Desa Palugon saya yakin tidak ada masalah, semuanya justru sangat merasakan pembangunan yang sudah dilaksanakan. Seluruh kegiatan yang menggunakan dana desa, pihak BPD pun selalu diajak berdiskusi agar situasi dalam membangun Desa Palugon bisa kondusif,” tutupnya.

Img 20200408 125034

Senada dengan Ketua BPD, salah satu tokoh masyarakat di Dusun Gedog, Didi Edi Nurdin mengatakan kepada Nasional News, bahwa pembangunan yang dilaksanakan Desa Palugon sangat berarti baginya.

“Proses pembangunan yang dilaksanakan semuanya sudah melalui musyawarah, melalui musyawarah tingkat dusun (Musdus), dan Alhamdulillah pembangunan sudah bisa dirasakan manfaatnya, seperti pembangunan jalan yang berstatus jalan desa,” imbuhnya.

Ditempat terpisah, Kepala Dispermades Kabupaten Cilacap, Ahmad Arifin Santosa mengimbau kepada masyarakat Desa Palugon, agar tidak terprovokasi oleh berita-berita yang kurang bisa dipertanggung jawabkan kebeneranya, imbaunya.

“Saya mengimbau kepada masyarakat Desa Palugon tidak mudah terprovokasi dengan berita yang tidak bisa dipertanggung jawabkan kebenaranya. Pemerintah Desa Palugon selama ini dinilai sudah cukup baik, dan saya berharap seluruh masyarakat Desa Palugon agar menciptakan iklim yang kondusif,” tandasnya. (Junaedi)