Kapolres Blora Resmikan Kampung Siaga Covid-19 di Kecamatan Jepon

oleh -
20200414 111631

NASIONALNEWS.ID, BLORA – Kapolres Blora AKBP Ferry Irawan meresmikan kampung siaga virus covid-19 di Desa Geneng Kecamatan Jepon Kabupaten Blora, Selasa, (14/4/2020). Peresmian Kampung siaga Covid-19 di hadiri Pejabat Utama Polres Blora serta Forkompincam Jepon beserta kepala desa dan perangkat desa setempat.

Dengan tetap melaksanakan prosedur kesehatan, kegiatan berjalan aman dan tertib. Kapolres menjelaskan bahwa kampung siaga antisipasi virus covid-19 merupakan salah satu bentuk kesiapan warga dalam menghadapi wabah virus corona agar tidak menular di wilayah desa setempat.

“Desa ini akan kita jadikan desa pelopor sebagai percontohan untuk desa-desa yang lain di Kabupaten Blora, dimana di Desa Geneng ini telah mempunyai SOP terkait pencegahan penularan virus covid-19.” Ujar Kapolres.

 20200414 111654

Kapolres menambahkan bahwa Desa Geneng ini dinilai sudah cukup baik dalam mempersiapkan prosedur dan sarana prasana penanganan wabah covid- 19,  seperti pembentukan posko 24 jam, pemberlakukan SOP kepulangan warga yang merantau, gerakan wajib masker dan penyiapan alat cuci tangan di depan-depan rumah warga.

Kepada seluruh warga, Kapolres berpesan agar selalu menaati instruksi dan kebijakan dari pemerintah terkait virus covid-19, “Mari kita antisipasi bersama penyebaran covid- 19, dengan mematuhi dan menaati kebijakan pemerintah yang ada,” ucap Kapolres.

Kapolres menekankan jika ada saudara atau keluarga yang masih dalam perantauan, disarankan agar tidak mudik dulu ke kampung halaman, dengan tujuan untuk menjaga kesehatan bersama, namun demikian jika terlanjur mudik, harus patuh dan taat pada prosedur kesehatan yang ada, “Intinya mari kita jaga bersama agar desa ini khususnya, dan seluruh Kabupaten Blora pada umumnya semoga steril dari covid – 19,” tandas Kapolres.

Dalam kegiatan tersebut Kapolres juga menyerahkan bantuan sarana prasarana seperti ember, sabun cuci tangan, hand sanitizer dan juga, masker.

Sementara Kepala Desa Geneng, Jati mengaku senang dengan adanya program desa siaga covid- 19 yang diprakarsai oleh Polres Blora, dimana warga desanya menjadi lebih peduli dan disiplin untuk bersama sama menjaga kesehatan dalam antisipasi penularan virus corona, “Alhamdulilah di Desa Geneng sudah kita terapkan prosedur kesehatan, dan rata rata warga sudah paham dan sadar untuk menerapkannya,” ucap Kepala Desa.

Kepala Desa mengapresiasi kekompakan dari aparat baik Polri, TNI, Kecamatan dan tenaga kesehatan, dimana selalu berjalan bersama untuk memberikan edukasi ataupun imbauan- imbauan kepada warganya terkait covid- 19.

“Kami ucapkan terimakasih kepada semua pihak yang peduli dan sangat open terhadap warga Desa Geneng terutama dalam antisipasi wabah virus corona ini,” tutup Jati. (Hans)