Kerjasama Dengan Pemkot, PWI Jakbar Salurkan Bantuan ke Korban Kebakaran Tambora

oleh -
img 20210219 172519

NASIONALNEWS.ID, JAKARTA – Kerjasama dengan jajaran pemerintah Kota Administrasi Jakarta Barat, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Koordinatoriat Jakarta Barat menyalurkan bantuan ke korban kebakaran di RT 007/08 Kelurahan Kalianyar, Kecamatan Tambora, Jakarta Barat, Jumat (19/2/2021).

Ketua Persatuan Wartawan Indonesia Koordinatoriat Jakarta Barat Kornelius Naibaho mengatakan, peran serta PWI Jakarta Barat dalam memberikan penyaluran bantuan kasih tidak lepas dari kepedulian pihaknya akan sesama.

“Perlu kita pahami bahwa profesi wartawan tidak hanya pandai menulis berita, tetapi kita punya jiwa sosial,” kata Kornelius.

Kornel juga menjelaskan, bantuan tersebut amanah dari instansi Sudinhub Jak-Bar salah satu bagian partner PWI. “Tempo hari telah kita terima dan kita serahkan bantuan terhadap warga yang membutuhkan,” ujarnya.

Dirinya juga menambahkan, berdasarkan amanah tersebut ada tiga titik yang akan dikunjungi, titik pertama mengarah ke warga yang terdampak musibah kebakaran di RW 08 RT 07 Kalianyar Tambora, titik kedua Yatim Piatu di Pondok Pesantren wilayah Semanan dan titik ketiga kita memberikan bantuan ke Janda-Janda tua di wilayah Jalan Cendrawasih Cengkareng.

Saya berharap semoga dapat ditiru oleh elemen masyarakat lainnya, dan bersinergi dalam pembangunan Jakarta Barat yang lebih baik serta memberikan kenyamanan bagi warganya,” harapnya.

img 20210219 172338

Sementara Camat Kecamatan Tambora Bambang Sutarna mengapresiasi bantuan dari Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jakarta Barat terhadap warga RW.08 RT.07 Kelurahan Kali Anyar Kecamatan Tambora yang terdampak musibah kebakaran.

“22 rumah, 45 kepala keluarga dan total sebanyak 160 jiwa sebagian diungsikan di mushola terdekat.” ungkap Bambang.

Lanjut Bambang, bahwa pencegahan musibah kebakaran bukan hanya tanggung jawab pemerintah saja, melainkan dengan mengamankan diri ,caranya membenahi kabel-kabel listrik sesuai Standar Nasional Indonesia (SNI) karena rawan terjadinya konsleting listrik.

“Sejak tahun 2019 Pemerintah Jakarta Barat berkolaborasi dengan instasi terkait seperti PLN, Damkar, TNI, Polri dan kelurahan serta kecamatan dalam tindak pencegahan kebakaran dan mensosialisasikan pemasangan-pemasangan kabel-kabel listrik, tabung gas ke kompor dan penggunaan serta perawatan Alat Pemadam Kebakaran Ringan,” tegas Camat Tambora.

Bambang juga menghimbau kepada warga jika terjadi kebakaran selain penyelamatan jiwa, dokumen-dokumen penting perlu diselamatkan seperti surat tanah, KTP, KK dan lain-lain.

Ditempat yang sama Kasatpelhub Kecamatan Tambora Didi Supardi sebagai perwakilan jajaran Sudinhub Jak-Bar mengucapkan rasa terima kasih dan mendukung peran serta PWI dalam menjalankan kegiatan sosial tersebut. (Budi Beler)