Ketebalan Berbeda, Sudin Bina Marga Jakbar Diduga Lakukan Kecurangan Pengaspalan di Kembangan

oleh -
img 20220420 150104

NASIONALNEWS.ID, JAKARTA – Diduga Suku Dinas Bina Marga Jakarta Barat, melakukan kecurangan pada pengaspalan di Jalan Raya Puri Wangi Kelurahan Kembangan Selatan, Kecamatan Kembangan, Jakarta Barat.

Pengaspalan di Jalan Raya Puri Wangi  tersebut tanpak dari segi ketebalannya sangat berbeda dan tanpak kasar, ketika wartawan mengecek ke lokasi pengaspalan.

Dengan adanya keganjalan tersebut, pihak media mengkonfirmasi Kepala Suku Dinas Bina Marga Jakarta Barat.

Melalui Benni Situmorang sebagai Kepala Seksi Pembangunan pada saat dikonfirmasi mengatakan, untuk pekerjaan Jalan Raya Puri Wangi, dikerjakan melalui pihak ke 3 yaitu PT Budi Mulia Jaya,

“Pengaspalan untuk Kecamatan Kembangan dan Kebun Jeruk seluruh anggaran Rp 2,116M. dengan Volume seluruhnya 15482, 51 M2. Dan itu dikerjakan oleh pihak ke 3 melalui PT Budi Mulia Jaya,” jawabnya secara singkat melalui WhatsApp Rabu (20/4/2022)

“Pengaspalan Jalan Raya Puri Wangi dengan panjang 299m, lebar 6m, ketebalan 4 cm dengan luas seluruhnya 971,75M2 yang dikerjakan oleh PT Budi Mulia Jaya,” kata Benni Situmorang saat dikonfirmasi tentang ketebalan aspal dan jenis aspal tersebut.

Benni Situmorang juga mengatakan, ketebalan aspal itu 4 Cm, dan jenis aspal AC – WC.

“Nanti akan dicordrill untuk mengetahui ketebalan aspal apakah ada minimum 4 cm,” ujar Benni.

Aspal merupakan bahan baku yang digunakan untuk membuat berbagai Campuran hot mix seperti AC-BC, Ac-Base, dan Ac-WC. Campuran aspal juga sangat bervariasi tergantung dari perencanaan pekerjaan jalan.

Salah satu pengamat konstruksi Ir Ahmad Samsudin mengatakan,
Aspal adalah bahan hidro Karbon yang bersifat melekat (adhesive), berwarna hitam kecoklatan, tahan terhadap air, dan Viskoelastis. Aspal sering disebut bitumen, bitumen merupakan bahan pengikat pada Campuran beraspal yang dimanfaatkan sebagai lapis perkerasan lentur.

“Aspal berfungsi sebagai perekat antar agregat sehingga membentuk beton aspal. Beton aspal ini digunakan sebagai struktur utama perkerasan Jalan fleksibel,” ungkap Ahamad Rabu ( 20/4/22) di kantornya.

Aspal Jalan Raya Puri Wangi terlihat sebagian kasar pada permukaan jalan tersebut, Ir Ahmad mengatakan, kemulusan aspal tergantung jenis, jenis apa yang dipakai. kalau Suku Dinas Bina Marga memakai jenis Aspal Concret ( AC) itu pasti mulus dan ketebalan aspal tersebut ada ukuran minimumnya.

“Ukuran aspal AC- WC itu minimum ketebalan 4 cm dan permukaan aspal ini rata tidak ada kelihatan ukuran batu 2 – 3 cm,makanya aspal AC disebut aspal beton, jadi permukaan jalan itu pun rata,” ungkap Ir Ahmad.

Sebelumnya Sudin Bina Marga Jakarta Barat melakukan pengaspalan jalan, untuk Kecamatan Kembangan dan Kecamatan Kebun Jeruk, Kota Administrasi Jakarta Barat yang bersumber dari Anggaran Perbelanjaan Belanja Daerah ( APBD ) tahun Anggaran 2022.

(Budi Beler)

No More Posts Available.

No more pages to load.