Kodam II/Swj Berangkatkan 153 Personel Satgas Apter ke Wilayah Indonesia Timur

oleh -
Img 20200701 Wa0080

NASIONALNEWS.ID, PALEMBANG – Setelah sebelumnya Kodam II/Sriwijaya telah memberangkatkan ratusan Prajurit yang tergabung dalam Satuan BKO Tugas Teritorial (Satgas Ter) Kodam II/Swj yang terlebih dahulu melaksanakan tugas ke wilayah Indonesia Timur pada bulan Juli 2019 dan bulan Januari 2020 lalu.

Untuk ketiga kalinya Kodam II/Sriwijaya kembali memberangkatkan sebanyak 153 Prajurit yang tergabung dalam Satgas Bawah Kendali Operasi (BKO) sebagai Aparat Teritorial (Apter) di wilayah Indonesia Timur, masing-masing 49 personel ke wilayah Kodam XVI/Patimura, 64 personel ke wilayah Kodam XVII/Cendrawasih dan 40 personel ke wilayah Kodam XVIII/Kasuari.

Upacara pemberangkatkan personel yang tergabung dalam Satgas BKO sebagai Apter ke tiga wilayah Indonesia Timur tersebut dipimpin langsung oleh Pangdam II/Swj Mayjen TNI Irwan SIP MHum, di Markas Ajendam II/Swj Sekojo Palembang, Rabu (1/7/2020) pagi pukul 10.00 Wib.

Pada kesempatan tersebut, Pangdam II/Swj menyampaikan rasa bangga, karena Kodam II/Swj untuk kesekian kalinya kembali mendapatkan kepercayaan dari pimpinan untuk mengirimkan prajurit yang tergabung dalam Satuan BKO di beberapa Kodim persiapan sebagai Aparat Teritorial di wilayah Kodam XVI/Patimura, Kodam XVII/Cenderawasih dan Kodam XVIII/Kasuari.

Menurut Pangdam, bagi prajurit melaksanakan tugas merupakan suatu amanah, kehormatan, harga diri dan kebanggaan, karena tidak setiap prajurit mendapatkan kesempatan untuk melaksanakan penugasan seperti ini. “Oleh karena itu, saya meminta setiap prajurit agar melaksanakan tugas ini dengan penuh totalitas, semangat pengabdian, profesionalitas, dedikasi, disiplin dan rasa tanggung jawab yang tinggi,” tegas Pangdam.

Pangdam juga berpesan, agar kepercayaan yang diberikan pimpinan TNI AD dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya dan penuh rasa tanggung jawab.

“Setibanya di daerah penugasan nanti, segeralah kalian beradaptasi dengan lingkungan dimana kalian ditempatkan. Pahami situasi dan kondisi wilayah penugasan dengan berbagai permasalahan dan ancaman yang mungkin timbul. Setiap menemui hambatan segera adakan komunikasi dan koordinasi dengan pihak terkait,” pesan lulusan Akmil 1987 ini.

Jaga nama baik Kodam II/Swj, hindari segala bentuk pelanggaran dan perbuatan yang tidak terpuji. Tunaikanlah tugas ini dengan penuh keyakinan dan konsentrasi. Jangan pernah ragu, karena pada hakikatnya tugas yang kita laksanakan adalah Ibadah.

“Pelihara kesehatan, keselamatan dan keamanan serta tingkatkan keimanan dan ketakwaan dalam setiap pelaksanaan tugas, dengan cara memperbanyak kegiatan ibadah sesuai agama masing-masing,” ujar Pangdam.

Atas nama seluruh warga Kodam II/Swj, Pangdam juga mengucapkan selamat jalan dan selamat bertugas serta mendo’akan kesuksesan dalam penugasan.

“Do’a kami semua warga Kodam II/Swj senantiasa menyertai langkah dan pengabdian kalian,” pungkas Mayjen TNI Irwan.

Turut hadir pada upacara pemberangkatan tersebut antara lain, Kasdam II/Swj Brigjen TNI Muhammad Zamroni, Irdam II/Swj, Kapok Sahli Pangdam II/Swj, Danrem 044/Gapo, para Perwira Staf Ahli Pangdam II/Swj, para Asisten Kasdam II/Swj, Para Dan/Kabalakdam II/Swj dan Perwira LO TNI AL dan LO TNI AU Kodam II/Swj serta para Komandan Batalyon (Danyon) Satpur dan Satbanpur jajaran Kodam II/Swj. (Herry Eddy)