Kodam II/Swj Gelar Peringatan Nuzulul Qur’an di Masjid Raudhatul ‘Ulum

oleh -
img 20220426 wa0021

NASIONALNEWS.ID, PALEMBANG – Segenap Prajurit dan PNS Kodam II/Sriwijaya, menghadiri Acara Peringatan Nuzulul Qur’an Tahun 1443 H/2022 M, Selasa (26/4/2022) di Masjid Raudhatul ‘Ulum, Makodam II/Swj Jalan Jenderal Sudirman KM. 2,5 Palembang.

Peringatan Nuzulul Qur’an kali ini, digelar Kodam II/Swj secara sederhana dengan tetap mengacu pada Protokol Kesehatan (Prokes), usai melaksanakan Sholat Dzuhur Berjama’ah. Adapun tema yang diusung adalah “Implementasi Nilai- Nilai Ramadhan Dan Nuzulul Qur’an Dalam Kehidupan Prajurit TNI”

Acara tersebut, diawali dengan pembacaan lantunan Ayat Suci Al Qur’an yang dibacakan oleh Qori, Ustaz Abi Quhafa’ Alhafidz. Peringatan Nuzulul Qur’an Tahun 1443 H/2022 M kali ini menghadirkan penceramah Ustaz H. Bitoh Purnomo, LC, M.A.

Pangdam II/Swj Mayjen TNI Agus Suhardi dalam sambutan tertulis yang dibacakan Kasdam II/Swj Brigjen TNI Gumuruh Winardjatmiko S.E M.B.A menyampaikan, bahwa, peringatan Nuzulul Qur’an yang dilaksanakan ini tentunya bukan sekedar kegiatan rutin yang bersifat seremonial semata, tetapi Peringatan Nuzulul Qur’an ini merupakan wahana muhasabah atau introspeksi diri masing-masing dalam rangka meningkatkan pemahaman dan pengamalan ajaran-ajaran yang terkandung dalam Al Qur’an sebagai pedoman hidup, agar dapat mencapai kebahagiaan hidup, di dunia dan akhirat.

“Selain itu, Peringatan Nuzulul Qur’an ini juga hendaknya menjadi wahana kita untuk meningkatkan kualitas iman dan taqwa yang tercermin dalam pribadi-pribadi yang memiliki akhlak terpuji, jujur, sabar, disiplin dan memiliki etos kerja tinggi”, ujanya.

“Berkenaan dengan itu, saya berharap dengan memahami hakekat Nuzulul Qur’an, segenap warga Makodam II/Swj harus semakin memantapkan komitmennya dalam rangka mewujudkan diri sebagai pribadi Prajurit dan PNS yang Sholeh, bertakwa, berdisiplin, profesional dan senantiasa menjunjung semangat kebersamaan,” harap Kasdam, mengutip sambutan Pangdam IISwj.

Sementara itu, dalam ceramahnya, Ustaz H. Bitoh Purnomo LC M.A menyampaikan, bahwa, ada beberapa Keistimewaan Al Qur’an, diantaranya, Pertama, Al Qur’an adalah firman Allah yang tidak membosankan, tidak bosan dibaca dan tidak bosan dipelajari. Kedua, Al Qur’an adalah Mu’jizat, yakni alat bukti kebenaran agama yang kita yakini, yaitu Islam.

“Dengan kita selalu membaca ayat Suci Al Qur’an, diharapkan Al Qur’an akan datang menjadi syafaat bagi siapa yang membacanya,” kata Ustaz Purnomo.

Turut hadir dalam acara Peringatan Nuzulul Qur’an, antara lain, Irdam II/Swj, Kapok Sahli Pangdam II/Swj, para Asisten Kasdam II/Swj, para Dan/Kabalakdam di lingkungan Makodam II/Swj. (Abiyasa)

No More Posts Available.

No more pages to load.