Lihat Lapangan, Kater Kalideres Prediksi Pemudik Hanya 50 %

oleh -
img 20220412 wa0003
Kepala Terminal Kalideres Revi Zulkarnain. Foto: Budi Beler

NASIONALNEWS.ID, JAKARTA – Kepala Terminal Kalideres Jakarta Barat memprediksi masyarakat yang akan melakukan mudik lebaran di tahun 2022 melalui Terminal Kalideres diperkirakan maksimal hanya 50%. Hal itu setelah Revi Zulkarnain melihat perkembangan di lapangan.

“Angka tersebut diprediksi karena penumpang banyak merubah transportasi, yang biasa menggunakan jasa angkutan bus bisa beralih ke jasa angkutan lebaran seperti travel, kendaraan pribadi dan juga kendaraan roda dua yang akan meningkat,” kata Revi Zulkarnain saat dikonfirmasi Nasionalnews.id di ruang kerjanya, Senin (11/4/2022).

Menurut Revi, kalau dibandingkan sebelum pandemi, peningkatannya sangat drastis, namun setelah pandemi penurunannya juga sangat drastis.

“Sebelum pendemi atau hari biasa peningkatan penumpang bus di Terminal Kalideres bisa mencapai 1700 sampai 1900 penumpang per hari, pada saat pandemi, penumpang itu paling banyak 100 orang per hari, dan itu turunnya terlalu drastis,” ujar Revi

Revi juga menjelaskan, terkait mudik di tahun 2022 yang sudah diizinkan pemerintah, pemudik wajib sudah tervaksinasi Booster.

“Yang mau mudik lebaran wajib sudah vaksin Booster dan kita di Terminal Kalideres sudah menyiapkan fasilitas vaksin Bosster gratis untuk penumpang, pengemudi juga kondektur di Terminal Kalideres yang bekerja sama dengan Puskesmas Kecamatan, Suku Dinas Kesehatan Jakarta Barat, Dinas Kesehatan DKI Jakarta juga Polsek Kalideres,” ujarnya.

Terkait peningkatan arus mudik lebaran Revi juga menjelaskan, untuk peningkatan penumpang mudik lebaran itu biasa terjadi di H-7

“Biasanya, untuk puncak arus mudik biasa terjadi di H-5 dan H-3 nanti kita lihat hari terakhir kerja itu kapan, biasanya disitu dimulai arus mudik,” tuturnya.

Untuk keselamatan para pemudik lebaran, Terminal Kalideres juga mengecek kesehatan para pengemudi dan kendaraan.

“Kita setiap bulan sudah melakukan test urine berturut-turut kepada pengemudi dan juga Rump Check terhadap kendaraan. Dan saat ini kita sudah lakukan Ramp Check pra angkutan lebaran, supaya dipastikan bus yang akan diberangkatkan itu dalam kondisi layak jalan dan apabila ada yang masih mempunyai kekurangan atau ada komponen yang rusak harus diperbaiki,” ungkapnya.

Untuk mengatasi tindak kriminal di Terminal Kalideres, pihaknya juga menegaskan, bahwa setiap mudik lebaran di Terminal Kalideres memiliki posko-posko, terutama ada posko pengamanan terpadu.

“Untuk mengantisipasi keamanan dan kenyamanan para penumpang tau pemudik, kita bekerjasama dengan pihak kepolisian, TNI ada juga Pemadam Kebakaran, Satpol PP dan juga Dinas Perhubungan yang ditempatkan posko didalam Terminal,” pungkasnya.

(Budi Beler)

No More Posts Available.

No more pages to load.