Panen Raya di Lahan Ketahanan Pangan TNI-Polri Kota Tangerang

oleh -
Panen Ketahanan Pangan

NASIONALNEWS.ID, KOTA TANGERANG – Polres Metro Tangerang Kota bersama Kodim 0506 Tangerang panen raya sayur mayur di lahan Ketahanan Pangan TNI Polri di Kampung Sehat Keraton Caping Banksasuci Kelurahan Panunggangan Barat Kecamatan Cibodas Kota Tangerang, Minggu (23/8/2020).

Dalam panen dilahan gagasan Polsek Jatiuwung dan diresmikan Kabarhakam Mabes Polri beberapa waktu lalu. Ada tiga jenis sayur mayur yang dipanen, yakni kacang tanah, kangkung, dan bayam merah.

“Bersama stakeholder, hari ini kita memanen 3 jenis sayur mayur, yaitu  kacang tanah, kangkung dan bayam merah untuk kemudian nanti dibagikan kepada masyarakat sekitr yabg membutuhkan,” ujar Kapolres Metro Tangerang Kota Kombes Pol Sugeng Hariyanto di lokasi.

Sugeng menuturkan, panen ini merupakan salah satu bagian dari sinergi antara Forkopimda dan masyarakat yang sebelumnya turut mendukung membangun ketahanan pangan di tengah pandemi Covid-19.

Ketahanan Pangan

“Panen hari ini di kampung sehat keraton caping merupakan hasil dari program ketahanan pangan yang digagas Polri dan TNI bekerja sama dengan pengelola Banksasuci memanfaatkan lahan tidur dengan menaman berbagai jenis tanaman sayur mayur maupun membudidayakan ikan,” terang Kapolres.

Dalam panen yang dihadiri Dandim 0506 Tangerang dan Kepala Dinas Sosial Kota Tangerang itu, hasilnya panen akan disalurkan kepada masyarakat sekitar yang terdampak pandemi Covid-19.

“Hasil panen akan didistribusikan ke masyarakat sekitar yang terdampak ekonomi akibat pandemi Covid-19. Karena dari awal, progam ketahanan pangan ini bertujuan untuk membantu meringankan beban masyarakat,” bebernya.

Sementara, Dandim 0506/Tangerang, Kolonel Inf. Bambang Hery Tugiyono mengatakan, program ketahanan pangan ini salah satu motivasi bagi masyarakat agar bisa memanfaatkan lahan yang ada di halaman rumah.

“Ini merupakan percontohan sehingga nantinya masyarakat bisa menerapkan program ini sehingga masyarakat akan meniru dan mandiri dalam membentuk ketahanan pangan,” imbuhnya.

Senada dengan Kapolres dan Dandim, Kepala Dinas Sosial Kota Tangerang Suli Rosadi mengungkap bahwa ada 127.000 masyarakat yang terdampak Covid-19 dan sedikit terbantu akan progam yang dibentuk TNI dan Polri tersebut.

“Kegiatan ini cukup sangat membantu mencukupi kebutuhan pangan untuk masyarakat  yang terdampak Covid-19 ini. Sehingga tidak lagi membelinya ke warung dan pasar,” tukasnya. (Iwan)

No More Posts Available.

No more pages to load.