Pangdam II/Swj Pimpin Upacara Ziarah Nasional

oleh -
oleh
Img 20201002 Wa0052 Copy 640x427

 

NASIONALNEWS.ID, PALEMBANG – Pangdam II/Sriwijaya Mayjen TNI Agus Suhardi, memimpin upacara ziarah rombongan dan tabur bunga dalam rangka Peringatan HUT Ke-75 TNI tahun 2020, di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kastria Ksetra Siguntang Palembang, Jum’at (2/10/2020).

Upacara ziarah nasional ini, diikuti juga oleh Kapolda Sumsel, Wakil Gubernur Sumsel, Ketua DPRD Sumsel, Kasdam II/Swj beserta beberapa pejabat Kodam II/Swj, Danrem 044/Gapo, Danlanud SMH Palembang, Danlanal Palembang, unsur Forkopimda Sumsel dan Ketua Darma Pertiwi Daerah B beserta beberapa Pengurus Dharma Pertiwi.

Adapun rangkaian acara yang dilaksanakan meliputi pemberian penghormatan kepada arwah para pahlawan, mengheningkan cipta untuk mengenang jasa-jasa para pahlawan, peletakan karangan bunga dan dilanjutkan tabur bunga oleh pimpinan ziarah nasional.

Di sela kegiatan upacara, Pangdam II/Sriwijaya Mayjen TNI Agus Suhardi menyampaikan bahwa, kegiatan upacara ziarah bukan hanya kegiatan rutin saja, namun sebagai wujud penghargaan terhadap jasa-jasa para Pahlawan pendahulu yang telah gugur dalam mempertahankan kemerdekaan Bangsa Indonesia dari tangan penjajah.

“Hari ini, kita melaksanakan ziarah nasional dalam rangka memperingati HUT TNI Ke-75 diikuti dengan rangkaian kegiatan karya bhakti dilanjutkan pada tanggal 5 Oktober kita akan melaksanakan upacara,” urai Pangdam.

Lebih lanjut Pangdam menyampaikan bahwa, tujuan kita melaksanakan Ziarah ini salah satunya adalah untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah memperjuangkan kemerdekaan, sehingga sebagai penerus, sampai dengan saat ini kita bisa merasakan dan menikmati hasil perjuangan tersebut yakni kenikmatan kemerdekaan.

“Itulah kira-kira maknanya agar kita tidak lupa dengan perjuangan mereka, kami sebagai generasi penerus dari para pahlawan, tentu kami akan tetap melaksanakan, cita-cita dari para pejuang-pejuang tersebut,” imbuhnya.

Sementara itu, sebagai anak dari pejuang, Pangdam juga berziarah ke makam orang tuanya Mayor Inf (Purn) H A Kohar Bin Niti Aini yang dimakamkan di TMP Kstaria Ksetra Siguntang Palembang. Mayor Inf (Purn) H A Kohar Bin Niti Aini adalah orangtua Pangdam II/Swj Mayjen TNI Agus Suhardi merupakan salah satu Pahlawan asal Sumsel yang menerima bintang Gerilya 1,2 dan 3.

“Makam orang tua saya ada di sini, kebetulan beliau mempunyai bintang Gerilya 1,2 dan 3. Kesannya, saya sangat bangga bisa dididik, dibina serta diarahkan oleh orangtua saya, sehingga saya seperti yang ada sekarang ini, terima kasih kepada orang tua saya,” pungkas Pangdam. (Herry Eddy)

No More Posts Available.

No more pages to load.