Pasca Hujan, Sungai Cisadane Dibanjiri Sampah

oleh -117 views

NASIONALNEWS.ID, KOTA TANGERANG – Pasca diguyur hujan Sungai Cisadane mengalami penumpukan sampah, Kamis (29/8/2019) pagi. Titik penumpukan sampah terjadi di sekitaran Jalan Kalipasir Indah, Sukasari, Kota Tangerang.

Agus Tholib, Kepala Bidang Operasi dan Pemeliharaan (OP) pada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Tangerang mengatakan, setiap kali pasca hujan pihaknya dapat mengangkut sampah hingga 20 truk.

“Satu truk sampah dapat mengangkut sebanyak 6 kubik. Jadi kalau 20 truk sama dengan 120 kubik,” ujarnya.

Agus menambahkan, membersihkan sampah di Cisadane merupakan agenda rutin. Tapi kata Agus, ketika pasca hujan dirinya mengaku bekerja lebih keras untuk membersihkan sampah.

“Kalau enggak hujan, kita mengangkut sampah sekitar tiga hingga lima truk, dan langsung dibuang ke TPA Rawa Kucing,” imbuhnya.

Dijelaskan Agus, sampah yang terbawa arus sungai dan mengendap di Kota Tangerang itu dikarenakan adanya penyanggah sampah atau saringan yang sudah dipasang di tiga titik.

“Sebenarnya kita juga sudah pasang penyangga sampah dan saringan di jalur sungai sekitar depan Universitas Islam Syekh Yusuf (UNIS), Jalan Kali Pasir dan di sekitar jalur sungai depan Satpol PP,” jelasnya.

Menurut Agus, apabila sampah dari depan UNIS sudah tidak dapat ditampung, sampah tersebut lolos ke wilayah Kali Pasir dan berakhir di depan Satpol PP. “Nah kita itu langsung cepat tanggap membersihkan di tiga penyaringan itu,” terangnya.

Lebih lanjut Agus menjelaskan, untuk mengatasi sampah di Sungai Cisadane atau sungai yang lainnya dibutuhkan kesadaran dari masyarakat sendiri, serta peran instansi pemerintah terkait.

“Kami juga mengimbau kepada masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan, apalagi di sungai. Ini juga dibutuhkan peran serta secara bersama dalam mengatasi permasalahan ini,” pungkasnya. (angga)

HUT RI Ke 74 PDAM Tirta Benteng