Perhari Ini, Pasien Sembuh Covid-19 di Sumsel 255 Orang

oleh -
Img 20200604 Wa0072

NASIONALNEWS.ID, PALEMBANG – Jumlah pasien Covid-19 di Sumsel yang dinyatakan sembuh terus bertambah. Berdasarkan laporan media harian gugus tugas Covid-19 Sumsel, Kamis 4/6/2020, saat ini sedikitnya ada 29 pasien yang dinyatakan sembuh, sehingga jumlah pasien sembuh bertambah menjadi 255 orang.

Dimana 29 pasien sembuh tersebut, 10 orang berasal dari Palembang, 6 orang dari Lahat, 5 orang dari OKI, 4 orang dari OKU, 3 orang dari Banyuasin dan 1 orang dari luar wilyah Sumsel.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Sumsel, Yusri mengatakan, alhamdulillah, perhari ini ada 29 orang yang sembuh. Pasien tersebut, berasal dari 5 wilayh di Sumsel dan 1 wilayah di luar Sumsel.

“Dengan banyaknya catatan kasus konfirmasi sembuh tersebut, hal itu membuktikan jika Covid-19 bukan merupakan penyakit mematikan dan tidak dapat disembuhkan,” ujarnya.

Artinya, Covid-19 ini dapat disembuhkan seperti dengan istirahat yang cukup dan makan-makanan bergizi selai obat-obatan. Kendati begitu, masyarakat juga diimbau jangan terlena dan tetap melakukan upaya pencegahan, agar terhindar dari serangan wabah tersebut.

“Namun, memang virus ini menular dari satu orang ke orang lainnya. Sebab itu, protokol kesehatan tetap harus dilakukan dengan tetap menjaga jarak serta selalu gunakan masker saat beraktivitas di luar rumah,” terangnya.

“Selain itu, makan-makanan bergizi, jaga daya tahan tubuh dan selalu mencuci tangan dengan sabun setelah memegang sesuatu dengan air mengalir. Sementara, untuk konfirmasi positif, saat ini juga terjadi penambahan sebanyak 27 orang dari 8 daerah di Sumsel.

“Kasus positif ada 27 orang. Palembang 17 orang, Muba 4 orang, dan Lahat, Musi Rawas, Prabumulih, Lubuklinggau, OKU, Ogan Ilir masing-masing 1 orang. Sementara, kasus meninggal dunia 2 orang dari Palembang dan Muba,” pungkasnya.

Untuk diketahui, hingga saat ini sebanyak 4745 sampel dilakukan pemeriksaan di BBLK Palembang. Dimana 1056 sampel dinyatakan positif, 553 sampel dinyatakan negatif dan 3136 sampel masih dalam proses.

Sedangkan, jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) berjumlah 6545 orang dengan rincian 4292 orang sudah selesai pemantauan dan 2253 orang masih proses pemantauan. Lalu untuk Pasien Dalam Pengawasan berjumlah 639 orang dengan rincian 260 sudah selesai pengawasan dan 379 masih proses pengawasan. (Herry Eddy/Humas Pemprov)