PWI Jaya Segera Gelar Dua Webinar HPN

oleh -
Img 20210118 182157

NASIONALNEWS.ID, JAKARTA – Berbagai kegiatan untuk memeriahkan perayaan Hari Pers Nasional (HPN) 2021, terus digodok oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) DKI Jakarta.

Di antaranya, seminar virtual (webinar) dengan Kementerian Agraria Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), dan webinar dengan Pelabuhan Indonesia (Pelindo) II.

Webinar dengan Kementerian ATR/BPN direncanakan digelar Kamis, 4 Februari 2021, dari kantor ATR/BPN, di Jalan Sisingamaraja nomor 2, Kebayoran Baru, Jakarta-Selatan.

Webinar dengan Pelindo II dilaksanakan sehari kemudian, Jumat, 5 Februari 2021. Acara ini dihelat dari kantor pusat Pelindo II di kawasan Tanjung Priok, Jakarta-Utara.

“Dua kegiatan tersebut melibatkan keikutsertaan stakeholders ATR/BPN dan Pelindo II,” ungkap Ketua PWI Jaya Sayid Iskandarsyah, seusai rapat panpel, Senin, 18 Januari 2021 di Sekretariat PWI Jaya, Jalan Suryopranoto 9, Jakpus.

Dari keseluruhan rangkaian acara HPN 2021, sebagian di antaranya memang menjadi tanggung-jawab PWI Jaya. Puncak perayaan HPN 2021 itu sendiri dilaksanakan 9 Februari 2021.

“Untuk kegiatan webinar ATR/BPN, fokusnya adalah pada sosialisasi berbagai masalah tata ruang dan pertanahan,” ujar Naek Pangaribuan.

Untuk webinar dengan Pelindo II, temanya adalah “Tol Laut Menekan Biaya Logistik Nasional”.

Berkaitan dengan webinar kemaritiman itu, perwakilan panitia Selasa (19/1) siang besok diterima oleh corporate secretary (corsec) PT Pelindo II, Ari Santoso.

Perwakilan panpel yang bertemu dengan corsec Pelindo II ini adalah Irmanto, ketua panpel yang juga wakil ketua bidang organisasi PWI Jaya, serta Firdaus Baderi, pengarah panitia yang juga wakil ketua bidang pendidikan PWI Jaya, dan Siswanto Rusdi, moderator kegiatan.

Menurut Irmanto, salah satu pembicara pada webinar kemaritiman ini adalah Dirut Pelindo II, Arif Suhartono.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyampaikan “keynote speech”.

Di samping dua kegiatan yang terkait dengan HPN di atas, PWI Jaya juga siap menggelar “PWI Jaya Award”. Pemberian penghargaan kepada insan-insan terbaik dari jajaran Forkopimda (forum komunikasi pimpinan daerah) di wilayah DKI Jakarta.

“PWI Jaya Award” ini direncanakan digelar Maret 2021.

“Karena penyelenggaraannya sudah dekat, persiapan sudah harus dilakukan sejak dini. Untuk itu Rabu (20/1) lusa kita sudah membahas ini dengan koordinatoriat PWI Jaya di wilayah,” ujar Cak Herry SL, ketua panpel, yang juga wakil bendahara PWI Jaya.

Ary Julianta Trijaka, sekretaris panpel, sudah menyampaikan undangan ke koordinatoriat wilayah.

WEBINAR PELINDO II

Terkait dengan webinar kemaritiman, sebagaimana diketahui, Pelabuhan Tanjung Priok terus berbenah dalam upayanya menjadi etalase Indonesia yang modern dan efisien. Sejumlah upaya telah, sedang dan akan dijalankan oleh PT Pelindo II sebagai entitas yang diamanati oleh bangsa Indonesia untuk mengelolanya.

Hasilnya bisa kita lihat dengan mudah. Pelabuhan Tanjung Priok menjadi rapi karena tertata baik sehingga sejuk mata yang memandanginya. Dari sisi teknis kepelabuhanan, kinerja pelabuhan ini juga bisa disejajarkan dengan fasilitas yang sama di kawasan.

Sebagai fasilitas yang amat sangat strategis, keberadaan Pelabuhan Tanjung Priok berada dalam rentang kendali pemerintah pusat melalui Kementerian atau Lembaga (K/L) terkait. Sebagai entitas yang berada di wilayah administrasi pemerintah daerah, Pelabuhan Tanjung Priok juga menjadi perhatian provinsi DKI Jakarta.

Baik pemerintah pusat dan pemerintah daerah sama-sama berkolaborasi agar eksistensi pelabuhan ini tetap terjaga di mata komunitas internasional dan nasional yang memanfaatkan jasanya.

Sejauh ini publik sudah mengenal dengan baik berbagai program atau proyek yang dibesut oleh pemerintah pusat untuk kemajuan Pelabuhan Tanjung Priok. Pemerintah provinsi DKI Jakarta sesungguhnya memiliki pula sejumlah program/proyek dengan tujuan yang sama. Kinilah saatnya bagi publik Jakarta untuk mengetahui apa saja yang sudah, tengah dan akan dilakukan oleh pemprov DKI Jakarta. (Budi Beler)