RSUD Kota Tangerang Launching Klinik THT Terlengkap di Banten

oleh -
klinik tht rsud kota tangerang

NASIONALNEWS.ID KOTA TANGERANG – Memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 57, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Tangerang resmi membuka klinik Telinga Hidung dan Tenggorokan (THT) terlengkap di Provinsi Banten, Jumat (12/11/2021). Dengar atau Hearing Solution adalah layanan unggulan pemeriksaan pendengaran secara lengkap dari bayi,anak-anak, dewasa dan lanjut usia (Lansia).

Direktur Utama RSUD Kota Tangerang, dr OU Taty Damayanty mengatakan, Dengar atau Hearing Solution adalah layanan unggulan dengan klinik THT terlengkap satu-satunya diantara rumah sakit umun (RSU) yang ada di Provinsi Banten. Peluncuran layanan unggulan bertepatan dengan peringatan HKN ke 57 dengan tema, “Sehat Negeri, Tumbuh Indonesiaku ”.

“Pada hari kesehatan nasional ke 57, RSUD Kota Tangerang meluncurkan layanan unggulan yang sudah di launching oleh Walikota Tangerang di Kecamatan Periuk. Peluncuran layanan unggulan ini, sebagai bentuk kepedulian betapa pentingnya pendengaran untuk masa depan anak bangsa, demi tumbuh dan berkembangnya Indonesia,” ungkap dr Taty saat memberikan sambutan pada peluncuran layanan unggulan “Dengar” atau Hearing Solution.

dr taty damayanty
Direktur Utama RSUD Kota Tangerang, dr. O.U. Taty Damayanty saat memberikan sambutan launching Dengar Heraing Solution di lantai 4 RSUD Kota Tangerang, Jumat (12/11/2021).

Menurutnya, layanan unggulan “Dengar” merupakan salah satu bentuk apresiasi dan pengabdian RSUD dalam membantu seluruh masyarakat khususnya warga Kota Tangerang yang memiliki masalah pendengaran.

“Klinik THT terlengkap layananan unggulan dapat bermanfaat untuk masyarakat banyak, sesuai dengan visinya RSUD ingin menjadi rumah sakit rujukan. Sesuai harapan Walikota ingin semua masyarakatnya bila membutuhkan penanganan kesehatan cukup di rumah sakit ini,” tuturnya.

Menurutnya, persiapan peluncuran layanan unggulan persiapan sekitar dua bulan, karena mengumpulkan dan menganalisa data-data perluanya Klinik THT menjadi layanan unggulan.

“Dari hasil penelitian, lebih dari seribu orang warga kota tangerang 33% mengalami gangguan pendengaran, setelah menganalisa data-data dan informasi, maka dijadikan klinik THT RSUD Kota Tangerang menjadi layanan unggulan,” jelas dr Taty kepada Nasional News usai acara peresmian layanan unggulan Dengar Hearing Solustion.

klinik tht rsud kota tangerang
Fasilitas alat kesehatan terbaru dimiliki klinik THT RSUD Kota Tangerang.

Masalah pendengaran bisa mempengaruhi kehidupan seseorang, terang dr Taty, contohnya jika ada bayi baru lahir dan mempunyai masalah pendengaran maka akan mempengaruhi tumbuh kembang selanjutnya. Bayi ini tidak akan bisa mendengar, salam, sapa, perintah dari lingkungan sekitarnya. Demikian pula jika terjadi pada orang dewasa , akan mempengaruhi kepercayaan diri, kualitas hidupnya, mengganggu komunisasi serta berdampak pada pekerjaannya.

“Sebagai Rumah Sakit pemerintah pertama di wilayah Kota Tangerang, RSUD Kota Tangerang sangat memberi perhatian pada masalah pendengaran ini. RSUD Kota Tangerang memiliki fasilitas yang lengkap untuk pemeriksaan diagnostik bagi pasien yang memiliki masalah pendengaran, mulai dari pemeriksaan OAE, ASSR, BERA, Audiometri dan Timpanometri termasuk juga pemberian alat bantu dengar. Masalah pendengaran ini harus dideteksi sedini mungkin khususnya bagi bayi dan anak-anak,” pesannya.

rsud kota tangerang
Ruang kedap suara untuk terapi pendengaran anak.

Pemeriksaan gangguan pendengaran tidak memakan waktu yang lama, lanjut dr Taty, dan tentunya dengan alur pelayanan yang mudah. Pasien yang memerlukan pemeriksaan dapat mendaftar melalui pendaftaran ke Klinik THT.

“Saat ini RSUD Kota Tangerang memilki 3 orang dokter spesialis THT yang siap melayani mulai dari hari Senin sampai Sabtu, sehingga pasien tidak perlu takut akan antrian yang panjang,” sebutnya.

Kabar baiknya lagi, tambah dr Taty, pasien yang terdaftar sebagai pengguna kartu BPJS Kesehatan dapat mengakses Layanan DENGAR Hearing Solution ini dengan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) BPJS Kesehatan, tentunya setelah mendapatkan rujukan ke klinik THT RSUD Kota Tangerang dari faskes pertama.

“Pemberian alat bantu dengar sebagai salah satu upaya mengatasi masalah pendengaran juga dijamin oleh BPJS Kesehatan, dengan begitu peserta JKN tidak perlu merogoh kocek lagi untuk membayar alat bantu dengar tersebut,” tandasnya. (Adv)

No More Posts Available.

No more pages to load.