Saluran Air Ambrol Tiga Dusun Kebanjiran

oleh -
20200330 125344

NASIONALNEWS.ID, CILACAP – Akibat ambrolnya gorong-gorong Armco saluran air dari besi baja di Desa Cilongkrang, berimbas ketiga dusun di Desa Tarisi  mengalami kebanjiran akbibat hujan lebat, Minggu (29/3/2020) kemarin. Air setinggi 10-30 Centimeter menggenangi ketiga dusun tersebut, yakni Dusun Rangkasan, Sidadadi, dan Cikaronjo, Kabupaten Cilacap.

Pihak Forkompimcam dan UPT BPBD Majenang sudah melakukan pengecekan ke lokasi, diantarannya Polsek Wanareja, Koramil 16 dan aparat pemerintah Desa Tarisi. Dari laporan yang dirilis di grup forum kebencanaan, bahwa terjadinya genangan air di tiga dusun tersebut, karena Armco saluran air dari besi baja yang amblas menutupi aliran air sungai Afoor dan berbalik kearah hulu yang mengakibatkan genangan air di tiga dusun tersebut.

Menurut petugas dari UPT BPBD Majenang, Muhadi mengaku, bahwa pihaknya sudah melakukan assesment dan pendataan bersama Forkompimcam Wanareja serta pihak pemerintah Desa Tarisi. Akibat banjir tersebut, sebanyak lima kolam ikan milik warga terendam, sementara kerugian masih dalam tahap penghitungan.

 20200330 125426

“Saya menghimbau kepada masyarakat agar bisa mengamankan barang-barang dan surat berharga untuk antisipasi manakala terjadi hujan lebat lagi, ditakutkan air akan masuk kedalam rumah,” ujar Muhadi di lokasi, Senin (30/03/2020).

Sementara Kepala Desa Tarisi, Jasimin mengatakan, pemerintah desa akan selalu mendata dan memantau masalah genangan air tersebut. Masyarakat tidak usah panik tetapi harus selalu waspada, masalahnya sekarang ini memang lagi musim penghujan.

“Kami dari pemerintah desa sudah melakukan koordinasi bersama forkimpimcam Wanareja kepada pihak BBWS,” pungkas Jasimin. (Junaedi)