Semanan Banyak Rumah Tidak Layak Huni

oleh -83 views

NASIONALNEWS.ID, JAKARTA – Pasca Banjir, wilayah Kampung Duri RT 01 RW 01 Kelurahan Semanan, Kecamatan Kalideres, Jakarta Barat ternyata masih banyak rumah yang tidak layak huni.

Pantauan awak media di lokasi banyak rumah yang sudah tidak layak huni, dinding tembok dan atap rumah sangat memperihatinkan semua hampir rapuh.

Sebelumnya wilayah RW 01 Kelurahan Semanan tersebut terendam banjir hingga ketinggian 2.5 meter, karena curah hujan di DKI Jakarta yang sangat tinggi, disamping itu pula kali Mokervat tidak bisa menampung air kiriman dari Bogor.

Yana (30) salah satu pemilik rumah mengatakan, sebelum banjir rumah tidak terlalu parah. Namun setelah banjir yang begitu tinggi rumah menjadi hancur, tembok pada rontok, kayu-kayu atap pada patah.

“Kami takut tinggal di rumah, takut roboh, karena semuanya sudah rapuh,” ujar Yana di lokasi, Senin (13/01/2020)

Yana juga menjelaskan, dirinya baru saja di PHK dari perusahaan karena perusahaan yang ia kerja harus gulung tikar.

“Saya baru di PHK, dan sekarang jualan sayuran untuk menyambung hidup keluarga, apalagi adik saya masih sekolah,” katanya.

Sementara Ibu ketua RT Nia menjelaskan, memang rumah ini sudah lama, dari semenjak orang tuanya meninggal belum pernah direnovasi, karena keterbatasan ekonomi keluarga.

“Rumah tersebut dihuni tiga saudara dan dua sudah berkeluarga, satu yatim piatu. Sekarang ada yang ngontrak didekat sini, satu lagi pindah ke Bogor rumah saudaranya,” kata Nia.

Nia juga berharap kepada Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Barat untuk membantu memperbaiki rumah tersebut, agar layak huni.

“Kasian mereka punya rumah seperti tidak punya rumah, beban mereka makin bertambah karena harus mengeluarkan uang sewa rumah sebesar Rp 500.000 perbulan, sedangkan kerjanya hanya berjualan sayur, untuk kebutuhan keluarga saja pas-pasan,” harapnya. (BB)