Sungai Cibaganjing Madura Meluap Satu Dusun Kebanjiran

oleh -
Img 20200405 011901

NASIONALNEWS.ID, CILACAP – Hujan deras di Kabupaten Cilacap wilayah barat, Sabtu (4/4/2020) sore, mengakibatkan banjir di beberapa titik. Dusun Purwasari Desa Madura Kecamatan Wanareja, Kebanjiran akibat air sungai Cibaganjing meluap.

Sebanyak puluhan rumah yang ada di dusun tersebut terendam air mencapai 50-100 centimeter. Forkompimcam Wanareja diantaranya Polsek, Koramil, BPBD Majneang serta Pemdes Madura langsung tanggap dan bekerjasama dalam menangani bencana banjir tersebut.

 20200405 023546

Camat Wanareja, Muhamad Najib yang ditemui Nasionalnews.id dilapangan pada malam hari menjelaskan, banjir yang melanda Dusun Purwasari tersebut akibat hujan lebat, sementara sungai Cibaganjing tidak mampu menampung debit air, sehingga air menggenangi Dusun Purwasari.

“Kami dari pihak pemerintah kecamatan langsung melakukan koordinasi dengan Polsek, Koramil, BPBD serta Pemdes Madura untuk menangani banjir tersebut, dan Alhamdulillah kita langsung melakukan penanganan,” beber Camat.

Sementara Kepala UPT BPBD Majenang, Edi Sapto Priono yang turun langsung ke lokasi bencana menyampaikan, dari pihak BPBD menurunkan satu unit perahu karet dan beberapa anggotanya, bantuan makanan pun langsung didistribusikan kepada warga yang terdampak banjir.

“Saya menghimbau kepada masyarakat yang terdampak banjir agar tetap tenang, untuk sementara mencari tempat yang lebih tinggi agar terhindar dari genangan air. Perahu karet yang disediakan oleh BPBD, sampai air luapan surut akan tetap disiagakan di lokasi banjir, sehingga bisa dipergunakan untuk evakuasi, pungkas Edi.

Img 20200404 Wa0044

Kepala Desa Madura, Nursidik menyampaikan terimakasih kepada forkompimcam dan dinas terkait, dengan didatangkannya bantuan perahu karet, makanan dan dan seluruh anggota yang terlibat dalam penanganan korban banjir ini. Untuk evakuasi warga korban banjir, akan dilanjutkan besok pagi.

“Yang terpenting untuk bantuan makanan bagi korban banjir sebagian sudah disalurkan. Warga harus tetap tenang, waspada dan tetap melakukan ronda agar seandainya ada banjir susulan akan segera diketahui dan dilaporkan,” tandasnya. (Junaedi)