Tiba di Terminal Pasar Lembang Pemudik Langsung di Tes Swab Antigen

oleh -
Swab Antigen

NASIONALNEWS.id KOTA TANGERANG – Untuk mencegah penyebaran virus covid-19 pasca libur  lebaran. Sejumlah pemudik yang baru tiba Terminal Pasar Lembang Ciledug langsung dibawa untuk menjalani tes swab antigen di Kampung Tangguh Jaya RW 09 Kelurahan Sudimara Barat, Kecamatan Ciledug Kota Tangerang.

Kapolres Metro Tangerang Kota, Kombes Deonijiu de Fatima mengatakan, bersama TNI dan pemerintah tes swab antigen dilakukan kepada para warga yang baru kembali dari mudik agar dideteksi apakah membawa covid-19 atau tidak.

“Ya mungkin mereka sehat-sehat saja, tapi di khawatirkan adanya penularan covid-19 dari tanpa gejala atau orang tanpa gejala (OTG). Dari situlah dikhawatirkan menyebar ke tetangga, sanak saudara atau kepada rekan kerja di Kota Tangerang ini,” ujarnya, Selasa (18/5/2021).

Deonijiu menjelaskan, dengan adanya tes swab antigen bisa segera mengambil langkah cepat memutus mata rantai covid-19. Apabila ditemukan pemudik yang positif covid-19, langsung dibawa ke rumah isolasi terkonsentrasi milik Pemerintah Kota Tangerang.

Swab Antigen

“Untuk hari ini sudah sebanyak 34 orang di tracing. Dan ditemukan tiga orang reaktif covid-19, yaitu satu keluarga yang pulang dari wilayah Banten, nah ini bapak, ibu dan anak. Mereka berempat, ada satu anak yang negatif,” ungkapnya.

“Selanjutnya sudah dilakukan tahap-tahap manakala sudah ditemukan reaktif maka dia harus ketempat isolasi dan tenaga kesehatan mengambil langkah-langkah berikutnya,” lanjutnya.

Kapolres juga mengatakan, tracking bagi para pemudik yang kembali, dilakukan di 158 Kampung Tangguh Jaya yang ada di Kota Tangerang. Selain itu, ada pula di per kecamatan, polsek, dan pos penyekatan pada wilayah perbatasan untuk pemudik yang kembali.

“Jadi warga yang sudah kembali didata oleh RT RW, baik itu di perkampungan, cluster, kos-kosan, dan kontrakan. Setelah sudah di rumah masing-masing langsung kita jemput dan memberi imbauan untuk datang dan melakukan swab antigen,” pungkasnya. (Wan)

No More Posts Available.

No more pages to load.