BPPKAD Cilacap Gelar Sosialisasi Pemungutan PBB-P2

oleh -
Bapenda Provinsi Banten

NASIONALNEWS.ID.CILACAP- Bertempat di Pendopo Kecamatan Wanareja, Badan Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD) Kabupaten Cilacap Jawa Tengah menggelar sosialisai Pemungutan Pajak Bumi dan Bangunan Sektor Perdesaan dan Perkotaan, Senin (09/03/2020).

Hadir dalam acara sosialisasi tersebut, Camat Wanareja Drs. Muhamad Najib. M.Si, Sekretaris Bandan (Sekban) BPPKAD Cilacap Drs. Kadar Soleh. M.Si, Kepala Bidang Penagihan BPPKAD Trianto. S.sos, Kasi Perdata dan Tata Negara Kejaksaan Negeri Cilacap Nurul Anwar. SH, Banit Tipikor Polres Cilacap Reza Perdana, serta para kepala desa dan Kaur Keuangan se- Eks Distrik Majenang.

Dalam sambutanya, Camat Wanareja Muhamad Najib menyampaikan terimakasih kepada seluruh peserta sosialisasi. “Saya berharap dengan digelarnya sosialisasi ini dapat membuahkan hasil yang maksimal mengenai hasil PBB,” kata Najib.

Najib juga menyampaikan, bahwa di Kecamatan Kroya penarikan PBB dikemas dengan kearifan lokal, sehingga penarikan PBB bisa maksimal, jelasnya.

Img 20200309 Wa0025

Bukan masalah PBB saja, Najib pun menyapaikan bebeberapa destinasi wisata yang ada di Kecamatan Wanareja terutama diwilayah perdesaan, “kita harus bisa menggali potensi dan memberdayakan destinasi wisata yang ada,” pungkasnya.

Sementara Sekretaris Badan BPPKAD Cikacap Drs. Kadar Soleh yang hadir mewakili Kepala Badan menyampaikan permohonan maaf karena Kepala Badan BPPKAD tidak bisa hadir dikarenakan ada kegiatan yang tidak bisa ditinggalkan.

Kadar juga menyampaikan terimakasih kepada dinas terkait atas partisipasi sehingga proses pembayaran PBB 2019 bisa berjalan dengan baik, kata Kadar.

Lebih jauh Kadar menjelaskan, dimulai tahun 2019 untuk pembayaran PBB sudah menjadi kewenangan dan kebijakan Bupati. Untuk tahun 2020 didaftar SPPT nya ada pencantuman nilai tunggakan, “untuk pembayaran pajak sekarang sudah bisa dibayarkan dimana saja, banyak akses yang melayani pembayaran,” terang Kadar.

Usai sambutan-sambutan kegiatan dilanjutkan dengan sosialisasi dasar hukum tentang pajak yang disampaikan oleh Kabid Penagihan BPPKAD Trianto. S.So, sosialisasi peran Jaksa Pengacara Negara dalam penyelamatan kekayaan negara, khususnya di bidang Pajak Bumi dan Bangunan yang diterangkan oleh Kasi Perdata dan Tata Negara Kejaksaan Negeri Cilacap Nurul Anwar. SH, dan ditutup dengam sosialisai Pajak Bumi dan Bangunan sektir Perdesaan dan Perkotaan dari perspektif Hukum Pidana yang disampaikan Banit Tipikor Polres Cilacap Reza Perdana. SH. (Junaedi)