Lambang BNN di LBI, Ketua IPW: IPWL Rehabilitasi Narkoba Gratis

oleh -
oleh
badan narkotika nasional
Lambang Badan Narkotika Nasional (BNN) di Lentera Bersinar Indonesia (LBI)

NASIONALNEWS.ID JAKARTA – Indonesia Police Watch (IPW) soroti lambang Badan Narkotika Nasional (BNN) di yayasan Lentera Bersinar Indonesia. Institusi Penerima Wajib Lapor (IPWL) yang ditunjuk pemerintah memakai lambang BNN tempat rehabilitasi Narkoba gratis dibiayai negara.

Baca juga: Lentera Bersinar Indonesia Pinta Uang Rp7,5 Juta Rehab Narkoba Anak di Bawah Umur

Ketua IPW, Sugeng Teguh Santoso mengatakan, berdasarkan Peraturan Pemerintah tahun 2011 sebagai pelaksanaan dari undang-undang narkotika terhadap penyalahgunaan atau pecandu narkoba dilakukan rehabilitasi di IPWL untuk dilakukan pembinaan dan rehabilitasi lepas dari kecanduan.

“Berdasarkan ketentuan, IPWL yang ditunjuk oleh BNN maupun oleh institusi Kepolisian dan Kemenkes rehabilitasi tersebut dibiayai oleh negara,” jelas Sugeng kepada NasionalNews.id melalui telepon selulernya, Jumat (21/6/2024).

sugeng teguh santoso
Foto: Ketua IPW Sugeng Teguh Santoso

Menurutnya, semua terkait penegakan hukum dibiayai negara itu aturannya, apabila pihak Kepolisian telah merujuk seorang penyalah guna kepada satu IPWL, penyalahgunaan atau tersangka ini wajib direhabilitasi di sana.

“Kalau tidak mau rehabilitasi, ditutup saja itu IPWL Lentera Bersinar Indonesia nggak usah dibuka,” pintanya.

Sugeng menjelaskan, Kepolisian merujuk pecandu atau penyalahgunaan narkoba ke IPWL yang sudah ditunjuk pemerintah yang dibiayai negara.

“Andaikan keluarga korban memberikan sumbangan ke IPWL untuk rehabilitasi tersebut, itu bentuknya bukan kewajiban tapi sumbangan dan tidak dipatok harga berapa besaran, ya jadi demikian wajibnya adalah gratis kalau tidak mau itu IPWL,” terangnya.

Sugeng menambahkan, tempat rehabilitasi narkoba yang bukan Institusi Penerima Wajib Lapor (IPWL) dikelola swasta tidak menggunakan lambang BNN.

“Apakah statusnya Lentera Bersinar Indonesia itu statusnya IPWL atau tidak, memakai lambang BNN bisa diduga itu harusnya adalah IPWL rehabilitasi narkoba gratis, kalau mematok biaya kemungkinan itu pemerasan,” tandasnya. (SL)

No More Posts Available.

No more pages to load.