SMAN 2 Tangsel Klarifikasi Wisuda Batal, Uang Dikembalikan 30%

oleh -
SMAN 2 Tangsel

NASIOALNEWS.ID, TANGERANG SELATAN – Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 2 Kota Tangerang Selatan (Tangsel) memberikan klarifikasi atas pemberitaan yang ditayangkan di NasionalNews.id pada tanggal 17 Juli 2020, dengan judul “Wisuda SMAN 2 Tangsel Batal, Uang Dikembalikan 30%.
Klaifikasi berdasarkan surat dari Kepala SMAN 2 KotaTangsel, Neng Nurhemah tanggal 18 juli 2020 sebagai berikut:

1. Bahwa pemberitaan pembatalan wisuda dan uang dikembalikan 30% adalah tidak benar atau hoak. Klarifikasi: Wisuda tahun pelajaran 2019-2020 seperti yang telah dimohonkan oleh siswa kepada sekolah, sudah dalam tahap persiapan dan tidak dibatalkan. Wisuda akan tetap dilaksanakan sesuai permohonan siswa dan menyesuaikan protokol kesehatan, model Streaming dan Drive Thru. Adapun pelaksanaannya memang mengalami penundaan sebanyak 4 kali dan sudah disampaikan kepada orang tua dan siswa melalui jaringan komunikasi OSIS dan koordinator kelas, dikarenakan sekolah juga mengutamakan keikutsertaan siswa dalam UTBK dan Simak UI. Seluruh perencanaan, persiapan hingga penundaan melibatkan sebagian orang tua siswa sebagai perwakilan dari keseluruhan orang tua siswa.

2. Bahwa pemberitaan yang dimuat dalam media online mengenai lokasi dan tanggal pelaksanaan 11 Juli 2020, pelaksanaan wisuda yang berada di gedung Puspitek adalah tidak benar/hoak. Klarifikasi: Wisuda tahun pelajaran 2019-2020 dalam perencanaan awal akan dilakukan di UTCC Pondok Cabe dengan pertimbangan jumlah murid dan daya tampung gedung. Namun, adanya pandemi membuat pihak sekolah memindahkan kegiatan wisuda dengan model drive thru ke gedung pertemuan di kawasan Perumahan Puspitek. Dikarenakan jika kegiatan tersebut dilakukan di UTCC akan melanggar protokol kesehatan.

3. Bahwa pemberitaan adanya pengembalian dana hanya sebesar 30% akibat pembatalan wisuda adalah tidak benar/hoax. Klarifikasi: Hingga saat ini belum ada proses pengembalian dana dikarenakan tidak ada pembatalan kegiatan wisuda dan masih dalam proses persiapan.

SMAN 2 Tangsel
Wartawan NasionalNews.id datang untuk konfirmasi dan meninggalkan nomor telepon.

Permintaan Maaf NasionalNews.id

Penayangkan Klarifikasi adalah Hak Jawab dari SMAN 2 Tangsel dan NasionalNews.id meminta maaf kepada pihak SMAN 2 Tangsel yang merasa dirugikan atas pemberitaan yang berjudul, ” Wisuda SMAN 2 Tangsel Batal, Uang Dikembalikan 30%”, serta mencabut pemberitaan tersebut, atas dasar menuruti permintaan SMA 2 Tangsel yang tertuang dalam suratnya.

NasionalNews.id menerima klarifikasi, ralat dan koreksi dari pihak yang dirugikan dan berupaya menjunjung akurasi serta keberimbangan sebuah berita. Sebelumya Wartawan NasionalNews.id sudah berupaya beberapa kali ke SMAN 2 Tangsel untuk konfirmasi, hal itu dilakukan sebagai upaya agar berita tersebut berimbang, tetapi Kepala Sekolah tidak berada di tempat dan pihak SMAN 2 Tangsel belum merespon atau menghubungi nomor telepon wartawan yang akan konfirmasi. (Shelli/Yuyu)