Bilik Disinfektan, Benyamin: Penyemprotan ke Tubuh Sudah Dihentikan

oleh -
Who

NASIONALNEWS.ID, KOTA TANGERANG – Peringatkan bahaya disinfektan bila disemprotkan ke tubuh manusia, disoroti World Health Organization (WHO) atau Organisasi kesehatan dunia, karena maraknya bilik disinfektan. Hal itu disampaikan dalam akun Twitter WHO Indonesia, Minggu (29/3/2020) lalu.

WHO mengingatkan, jangan menyemprot disinfektan langsung ke badan seseorang, karena hal ini bisa membahayakan. Gunakan disinfektan hanya pada permukaan benda-benda. Ayo #LawanCOVID19 dengan tepat.

bahaya disinfektan

Wakil Walikota Tangsel, Benyamin Davni menjelaskan, bahwa bilik penyemprotan disinfektan pada anggota tubuh di Tangsel telah dihentikan .

“Sejak adanya larangan penyemprotan ke bagian tubuh, di bilik penyemprotan areal gugus tugas Covid-19 ini sudah kita hentikan,” kata Benyamin kepada Nasional News di Posko Gugus Tugas Covid-19 Pemkot Tangsel di Restoran Kampung Anggrek, Jalan Raya Viktor Buaran, Serpong, Senin (5/4/2020).

Menurutnya, saat pertama kali mewabah di Indonesia, pihak Pemkot Tangsel tidak menginformasikan ke masarakat untuk tidak menyemprotkan Disinfektan ke tubuh.

“Kita memang tidak memberitahukan, karena kita konsen bagaimana cara mengatasi wabah tersebut,” ujar Wakil Walikota Tangsel yang biasa disapa Bang Ben.

Bang Ben akan mencoba berdiskusi, apakah bisa bisa cairan disinpektan diganti dengan cairan anti septik yang tidak akan merusak anggota tubuh.

“Kita akan coba tanyakan apakah bisa jika penyemproran pada angota tubuh diganti dengan cairan anti septik yang tidak membahayakan tubuh,” tutupnya.

Perlu ketahui, pada tanggal 3 April 2020, Kementerian Kesehatan melalui Direktorat Jenderal Kesehatan Masyarakat mengeluarkan Surat Edaran tentang Penggunaan Bilik Desinfeksi Dalam Rangka Pencegahan Penularan Covid-19. Disebutkan bahwa, Desinfeksi adalah proses menghilangkan sebagian besar atau semua micro organisme patogen kecuali spora baktri yang terdapat di permukaan benda mati (non biologis, seperti pakaian, lantai dinding). (yuyu)