Peringati Hari Aids Sedunia, Dinkes Kota Tangerang Gelar Diskusi

oleh -
dinkes kota tangerang

NASIONALNEWS.ID KOTA TANGERANG – Dalam rangka memperingati Hari AIDS Sedunia Tahun 2021, Pemerintah Kota Tangerang melalui Dinas Kesehatan Kota Tangerang menggelar acara Round Table Discussion dengan mengusung tema “Akhiri AIDS, Cegah HIV, Akses Untuk Semua”. Kegiatan tersebut diselenggarakan secara daring dan luring di Kantor Dinas Kesehatan Kota Tangerang, Rabu (1/12/2021).

Kepala Dinas Kesehatan, dr Dini Anggraini mengatakan, bahwa acara ini digelar sebagai bentuk kepedulian Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang terhadap masyarakat, agar tidak tertular penyakit Aids di tengah situasi pandemi Covid-19. Masalah HIV/AIDS dan penyakit menular seksual (PIMS) pun tidak bisa kita abaikan karena termasuk program prioritas pembangunan di sektor kesehatan.

“Meskipun cenderung fluktuatif data kasus HIV/AIDS, di Indonesia terus meningkat dari tahun ke tahun,bahkan puncaknya pada tahun 2019 menginjak angka 50.282 kasus,” jelas dr Dini dalam sambutannya saat membuka acara Round Table Discussion.

dinas kesehatan kota tangerang
Kepala Dinas Kesehatan, dr Dini Anggraini saat memberikan sambutan di acara Round Table Discussion, memperingati Hari Aids Sedunia. Rabu (1/12/2021).

Menurutnya, di Kota Tangerang tercatat selama periode Januari hingga Oktober 2021 ada 21.731 orang di Kota Tangerang yang menjalani tes HIV dan 229 diantaranya baru terdiagnosa HIV atau sebesar 1,1%.

“Tentu Pemerintah Kota Tangerang telah menangani hal ini secara serius, melalui berbagai upaya salah satunya mulai dari edukasi kepada masyarakat, penyuluhan dan penyadaran antistigma,” ujarnya.

Dini menjelaskan, bahwa pihaknya dalam menyambut Hari AIDS Sedunia telah menggelar skrinning HIV di Puskesmas se – Kota Tangerang dari tanggal 18 November hingga 30 November 2021.

“Targetnya 100 orang setiap puskesmas, tapi melebihi target, tertinggi Puskesmas Kunciran sebesar 730 orang yang melakukan tes, rata-rata capaian di angka 200 lebih,” terangnya.

dinas kesehatan kota tangerang

Keberhasilan dalam penanggulangan HIV/AIDS, lanjut Dini, merupakan kinerja bersama multisektor yaitu Pemerintah Pusat dan Daerah, termasuk akademisi, masyarakat, swasta dan media.

“Peringatan Hari Aids Sedunia di Kota Tangerang ini, dapat meningkatkan pengetahuan, kesadaran dan kemandirian masyarakat dalam pencegahan dan pengendalian HIV/AIDS. Semoga segala upaya bersama ini bisa terus optimal demi mewujudkan masyarakat Kota Tangerang yang sehat dan sejahtera,” tandasnya. (Adv)

No More Posts Available.

No more pages to load.