Puluhan Pohon yang Ditanam PJ Gubernur serta Jajaran Forkopimda pada Mati, Diduga Kurang Perawatan dan Faktor Cuaca

oleh -
img 20231010 wa0048
Pohon kayu putih yang ditanam PJ Gubernur serta Jajaran Forkopimda pada mati. Foto: Nasionalnews.id Selasa (10/10/2023).

NASIONALNEWS.ID, JAKARTA – Puluhan pohon yang ditanam Pj Gubernur dan jajaran Forkopimda di bantaran Kali di Jalan Daan Mogot, Kalideres, Jakarta Barat pada Rabu (23/8/2023) banyak yang mati. Diduga kurang perawatan dan cuaca panas jadi penyebabnya.

Salah satu sopir angkot yang biasa mangkal di Lampu Merah Kalideres menyesalkan dengan matinya pohon-pohon tersebut, ia menduga kurangnya perawatan atau faktor cuaca yang menjadi penyebab matinya pohon kayu putih.

“Mungkin penyebabnya bisa jadi perawatannya yang kurang, atau faktor cuaca yang begitu panas,” ujar sopir yang biasa dipanggil Ucok kepada nasionalnews.id, Selasa (10/10/2023).

Menurutnya, persiapan yang begitu memakan waktu begitu lama, namun hasilnya tidak sesuai harapan.

“Kan saya tau persiapannya, sampai pelaksanaan penamaan pohon itu, semua diliput wartawan, tapi sekarang kenyataannya pada mati,” tambahnya.

Sementara, Kepala Suku Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Administrasi Jakarta Barat Romi Sidharta saat dikonfirmasi wartawan nasionalnews.id melalui pesan singkat WhatsApp belum memberikan jawaban.

img 20231010 wa0049
Foto kegiatan sebelumnya saat penanaman pohon PJ Gubernur serta Jajaran Forkopimda pada Rabu (23/8/2023)

Sebelumnya Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono , Pangdam Jaya Mayjen TNI Mohamad Hasan, Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Karyoto, dan Kepala Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta Reda Manthovani menanam 125 Pohon di bantaran Kali Mookervaart.

Penanaman pohon secara serentak dengan Tema “Lestarikan Negeri, Penghijauan Sejak Dini” dalam rangka HUT Ke-78 RI.

Dalam kesempatan tersebut Heru Budi mengatakan, giat ini sekaligus melanjutkan penanaman pohon yang dilakukan Kapolri beberapa waktu lalu. Dia berharap penanaman ini untuk menambah penghijauan di Jakarta.

“Tentunya di tempat lain Kapolda Metro Jaya akan melanjutkan ini. Kegiatan ini juga menggerakkan warga agar menanam pohon untuk menghijaukan Jakarta,” ujarnya.

Kapolda Metro Jaya Irjen Karyoto menambahkan ini sebagai upaya pemerintah dalam mencanangkan penanaman pohon di seluruh Indonesia. Adapun pohon yang ditanam berupa pohon buah dan bisa dimanfaatkan warga setempat.

“Kita tahu pada hari ini juga beberapa waktu lalu kualitas udara di Jakarta cukup buruk dan ini adalah upaya untuk membuat Jakarta lebih hijau dan lebih sehat,” katanya.

Dia berharap masyarakat bahu membahu membantu pemerintah menanam pohon untuk penghijauan. Selain itu, pohon dapat menghasilkan dari sisi ekonomi.

“Semangat ini bukan hanya untuk kita, tapi untuk masyarakat manfaatkan lahan-lahan sekitar yang layak ditanami baik pohon penguat yang kalau memang memungkinkan tanaman-tanaman itu ekonomis, silakan saja,” ujar Karyoto.

No More Posts Available.

No more pages to load.