Bersatu Untuk Negeri, FPO Gelar Deklarasi

oleh -
img 20220111 wa0016
Ketua Pimpinan FPO Erwiyantoro saat menjelaskan misi dan misi Forum Pimred Online. Foto: Budi Beler

NASIONALNEWS ID, JAKARTA – Bersatu Untuk Negeri, Forum Pimpinan Redaksi  Online (FPO) menggelar deklarasi di Markas Kandang Ayam di Jalan Daksinapati, Rawamangun, Jakarta Timur, Selasa (11/1/2022).

Puluhan pimpinan redaksi (Pimred) dan wartawan Online turut hadir dalam acara deklarasi tersebut.

Erwiyantoro ketua Forum Pempred Online mengatakan, FPO merupakan organisasi yang independen dan berbadan hukum, yang menggagas terwujudnya pers dan jurnalisme yang merdeka, berbasis kedaulatan rakyat yang berasaskan prinsip-prinsip demokrasi, keadilan, dan supremasi hukum. 

“FPO memperjuangkan terwujudnya kemerdekaan pers, sebagaimana amanat UUD 1945 dan UU yang menyertainya serta membangun jalinan kerja sama, membangun jaringan yang positif dengan pemerintah, legislatif, para pihak lembaga hukum, kalangan swasta, lembaga swadaya masyarakat, dan seluruh elemen bangsa, yang diperlukan untuk mendorong tercapainya tujuan organisasi,” jelasnya.

Erwiyantoro juga menegaskan, FPO akan mendorong perlakuan yang sama dari pemerintah dan semua pihak, terhadap semua jenis kegiatan jurnalistik, dan media jurnalistik sebagai media pers yang setara, mempunyai hak dan kewajiban yang sama, tanpa diskriminasi. 

“Pendirian FPO, dalam rangka menggalang persatuan dan kesatuan seluruh pemimpin redaksi dan para wartawan yang siap menjadi pemimpin di media jurnalistik online dan media jurnalistik baru (sosmed),” ujarnya. 

Masih dikatakannya, FPO mengupayakan, pengakuan pemerintah dan seluruh stakeholders terhadap jurnalistik media online dan media baru (medsos), sebagai jurnalistik dan media pers yang setara satu sama lain dengan segala bentuk dan jenis media jurnalistik yang ada. 

“Sebagai organisasi, FPO mencerminkan organisasi yang berdaulat (eksis, administratif, dan sah secara hukum), para anggota dan pengurus, adalah orang yang memegang kendali penuh pemberitaan di medianya, tanpa pengaruh, bebas campur tangan (berdaulat secara pribadi dan profesi),” ungkapnya. 

Lebih jauh Erwiyantoro mengatakan, para pengurus, dan seluruh anggota, bersikap independen baik dalam pemberitaan, dalam mengelola media, dimana pers dan para wartawan bekerja dan bertugas di sana. 

“Sebagai organisasi, seluruh anggota FPO bersatu memegang teguh soliditas, solidaritas, dan konsisten pada kepentingan serta tujuan organisasi,” tutupnya.

(Budi Beler)

No More Posts Available.

No more pages to load.