MDMC Pamekasan Dipercaya Laksanakan Program UBAH Kemiteraan Australia Indonesia

oleh -
img 20211101 wa0006

NASIONALNEWS.ID, PAMEKASAN – Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) Pamekasan mendapat kepercayaan dari Lembaga Penanggulangan Bencana (LPB) Pimpinan Pusat Muhammadiyah sebagai pelaksana program UBAH (Usaha Berubah Hadapi) Covid-19. Program UBAH ini merupakan program Kemiteraan Australia Indonesia untuk kesiapsiagaan bencana melalui Muhammadiyah.

Ketua MDMC Pamekasan Hendri Masduki mengatakan, kegiatan tersebut salah satunya dikemas dengan Pelatihan Perubahan Perilaku dan Lokarya Perencanaan Program di Sekolah Referensi dengan sekolah sasaran SMA Muhammadiyah 1 Pamekasan.

“Kegiatan ini gelar salama 4 hari dimulai dari Jum’at, 29 Oktober – Senin, 1 November 2021 di ODAITA HOTEL Jl. Raya Sumenep No. 88 Pamekasan,” kata Hendri Masduki, Senin (01/11/2021).

Dikatakan, kepesertaan dalam kegiatan ini adalah guru dan tenaga kependidikan sebanyak 25 peserta, terdiri dari 14 perempuan dan 11 laki-laki. Proporsi perta pelatihan ini, menurut Hendri, sebagai manefestasi keterwakilan perempuan minimal 30 % dengan konsep GEDSI (Gender Equity, Disability, and Social Inclusion).

“Ini akan dilakukan secara berkesinambungan selama 3 bulan di SMA Muhammadiyah 1 Pamekasan sebagai sekolah referensi dimulai dari bulan Oktober sampai Desember 2021,” jelas pria yang juga menjabat sebagai Manajer MDMC Area Pamekasan tersebut.

Lebih lanjut, mantan aktivis HMI itu menambahkan, kegiatan tersebut kedepannya dilaksanakan dengan model pendampingan pada guru, tenaga kependidikan dan peserta didik, yang selanjutnya diadakan pelatihan dan pendampingan pada guru, tenaga kependidikan dan peserta didik di SMA Negeri 1 Pamekasan sebagai sekolah replikasi.

“Rencananya akan dilaksanakan mulai Januari sampai Maret 2022 pada bulan berjalan,” tegasnya.

Hendri berharap, program UBAH tersebut mampu memberikan kontribusi yang signifikan dalam hal perubahan perilaku bagi warga sekolah, khususnya dalam penyelengggaraan pendidikan dan pengajaran di tengah pandemi Covid-19 dengan tetap menjalankan protocol kesehatan.

Untuk diketahui, acara itu dibuka langsung oleh Dede Sumarno selaku Perwakilan dari Lembaga Penanggulangan Bencana (LPB) Pimpinan Pusat Muhammadiyah. Ikut hadir memberikan sambutan H. Deang Ali Taufik dan diisi langsung oleh Slamet Goestiantoko (Kepala Cabang Dinas Pendidikan Jawa Timur Wilayah Kabupaten Pamekasan) sebagai pemateri.

Reporter: Kholisin

No More Posts Available.

No more pages to load.