Menhub Tinjau Arus Mudik di Terminal Kalideres

oleh -
screenshot 2022 04 28 01 21 52 74
Menteri Perhubungan Budi Karya didampingi Pangdam Jaya Mayjen TNI Untung Budiarto juga Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes pol Sambodo Purnomo Yogo saat memberikan keterangan di Terminal Kalideres Jakarta Barat, Rabu (27/4/2022). Foto: Budi Beler

NASIONALNEWS.ID, JAKARTA – Menteri Perhubungan Republik Indonesia Budi Karya Sumadi melakukan peninjauan arus mudik lebaran di Terminal Kalideres Jakarta Barat, Rabu (27/4/2022).

Dalam peninjauan tersebut Menhub didampingi Pangdam Jaya Mayjen TNI Untung Budiarto juga Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes pol Sambodo Purnomo Yogo melihat situasi lonjakan penumpang yang akan mudik melalui jalur darat di Terminal Kalideres, Jakarta Barat.

Dalam kesempatan tersebut, Budi Karya mengatakan, dilihat dari peninjauan dan data yang sudah ada, di H-7 telah terjadi lonjakan arus pemudik, bahkan dari beberapa hari yang lalu.

“Hari ini sudah terjadi lonjakan penumpang, sesuai arahan dari pemerintah agar masyarakat bisa mudik dari awal,” ujarnya.

Menhub juga menegaskan, anjuran pemerintah tersebut agar para pemudik terhindar dari penumpukan kendaraan yang mengarah ke Jawa Tengah, Jawa Timur maupun Pulau Sumatera pada H-3 dan H-2.

“Apa yang sudah dianjurkan pemerintah, agar tidak terjadi penumpukan kendaraan atau agar tidak terjadi kemacetan,” jelasnya.

Terkait kenaikan jumlah penumpang Budi juga mengatakan, bahwa hal tersebut sudah terjadi sejak hari Sabtu (23/4) lalu dimana rata jumlah penumpang harian sebesar 1.000 orang, atau naik 10 kali lipat dari yang sebelumnya hanya 100 orang per hari.

Sementara Pangdam Jaya Mayjen TNI Untung Budiarto menghimbau kepada para pemudik agar tetap mematuhi protokol kesehatan.

“Covid-19 belum usai, saya berharap masyarakat yang ingin mudik harus tetap mematuhi protokol kesehatan, baik ditempat pemberangkatan maupun di tempat tujuan,” imbaunya.

Pangdam juga menyarankan, agar sebelum pulang mudik, masyarakat harus mengikuti vaksin Booster yang sudah disediakan pihak terminal.

“Yang belum vaksin Booster Segera vaksin, agar terhindar dari Covid-19, sayangi keluarga di kampung halaman,” ungkapnya.

Ditempat yang sama Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes pol Sambodo Purnomo Yogo menambahkan, pihaknya dari kepolisian akan menjamin keamanan dari para pemudik, mulai dari terminal, diperjalanan maupun sampai tujuan.

“Saat ini sudah terjadi peningkatan arus mudik lebaran, sebelum puncak tanggal 29-30 masyarakat sudah bepergian. Arus yang meningkat signifikan adalah yang mengarah ke Cikampek,” jelasnya.

Untuk pemudik yang menggunakan roda dua menurutnya juga akan mengalami kenaikan, namun arus lalulintas masih tetap lancar.

“Walaupun tadi ada sedikit kemacetan karena ada truk yang mengalami patah as, namun semuanya bisa dikendalikan sampai arus lalulintas kembali normal,” ungkapnya.

Pihaknya berharap kepada masyarakat yang ingin bepergian bisa dilakukan pada hari ini, jangan sampai bepergian pas di puncaknya tanggal 29-30 karena dikawatirkan akan terjadi lonjakan arus mudik.

(Budi Beler)

No More Posts Available.

No more pages to load.