Pemkab Pamekasan Sediakan Sarana Khusus Persalinan Ibu Hamil

oleh -
img 20210715 wa0086

NASIONALNEWS.ID, PAMEKASAN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan, Madura, Jawa Timur, akan memberikan pelayanan kesehatan secara maksimal kepada kepada masyarakat di tengah membeludaknya pasien covid-19 yang masuk rumah sakit umu daerah setempat.

Melihat belakangan ini banyak pasien yang masuk rumah sakit di Pamekasan harus ditolak lantaran fasilitas yang ada tidak bisa menampung mereka, termasuk ibu hamil yang hendak melahirkan.

Pemerintah daerah saat ini melakukan beberapa langkah inovatif agar pelayanan kesehatan kepada masyarakat tetap maksimal.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Pamekasan, Achmad Marzuki mengungkapkan, khusus pasien ibu hamil rumah sakit umum daerah (RSUD) Smart telah menambah 9 bed. Bahkan, kantor ikatan bidan Indonesia (IBI) Cabang Pamekasan yang terletak di Desa Buddagan Kecamatan Pademawu akan disulap menjadi tempat persalinan.

“Untuk yang kantor IBI itu nantinya akan dijadikan tempat persalinan ibu hamil yang terpapar covid-19 tetapi normal. Kalau di rumah sakit (RSUD Smart, red) untuk ibu hamil dengan resiko, baik covid-19 atau tidak. Tetapi kalau ibu hamil yang tidak covid-19 tetap di puskesmas,” ucap Achmad Marzuki, Plt Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Pamekasan, Kamis (15/7/2021).

Menurutnya, tambahan sarana untuk ibu hamil di kantor IBI rencananya akan disediakan 30 bed. Namun, beberapa ruangan dan tempat lainnya saat ini sedang direnovasi agar segera bisa ditempati.

“Bahkan tambahan bed itu bisa berubah, setiap hari bisa berubah,” tambahnya.
dr Marzuki berharap, masyarakat bisa memahami adanya keterbatasan sarana dan prasarana rumah sakit dan fasilitas kesehatan lainnya di tengah membeludaknya pasien covid-19 seperti saat ini.

“Kami juga mohon untuk saling menjaga agar covi-19 ini tidak tambah banyak. Supaya masyarakat tidak kesulitan mencari fasilitas kesehatan dan tenaga kesehatan juga tidak kesulitan menampung masyarakat yang terkonfirmasi positif covid-19,” harapnya.

Pihaknya berharap kepada seluruh masyarakat pamekasan untuk terus mematuhi protokol kesehatan 5M, agar warga terhindar dari penulatan Covid-19 varian baru yabg saat ini makin mengganas.

Reporter: Kholisin Susanto

No More Posts Available.

No more pages to load.