Puskesmas 1 Sokaraja Gelar vaksin Covid-19 Diserbu Warga 

oleh -
img 20210815 wa0006

NASIONALNEWS.ID, BANYUMAS – Warga masyarakat berbondong-bondong mendatangi Balai desa Kalikidang sejak pagi untuk mendaftarkan diri menjadi peserta untuk di vaksin Covid-19, Sabtu (14/08/202)

“Untuk hari ini Puskesmas 1 Sokaraja mengadakan vaksin di Desa Kalikidang dengan jumlah vaksin 220 dosis untuk tahap pertama, sebenarnya setiap Desa di Kecamatan Sokaraja mendapatkan 200 dosis vaksin Sinovac namun kemaren berhubung ada sisa 20 dosis yang tidak terserap di desa Wiradadi sehingga pada hari ini di tambahkanlah ke desa Kalikidang yang semula 200 dosis menjadi 220 dosis pada tahap ke satu,” ucap Dr. Fajar Kepala Puskesmas 1 Sokaraja.

“Untuk Minggu ketiga bulan Agustus 2021 Puskesmas 1 Sokaraja sudah menjadwalkan pada hari Senin di desa Sokaraja Wetan ,hari Kamis di desa Sokaraja Kulon dan pada hari sabtunya di desa Pamijen dengan vaksin Sinovac sebanyak masing-masing 200 dosis. Dengan adanya program vaksin ke Desa-desa di harapkan memudahkan masyrakat untuk mengikuti vaksinasi yang di selenggarakan oleh pemerintah sehingga tidak repot mendatangi mendatangi tempat tempat yang mana diadakan Vaksin setiap hari, seperti GOR purwokerto dan tempat-tempat lainya,” imbuh Dr. Fajar

Dr Fajar berharap dengan melihat antusiasme yang tinggi masyarakat di desa-desa dari dinas kesehatan Banyumas memberikan kuota tambahan , terlepas dengan ketersedian vaksin yang ada di Banyumas yaitu Sinovac dan vaksin Astrazeneca.

Sementara Gugus Wahyoto Sekdes Kalikidang menjelaskan, beberapa hari sebelumnya pihak Pemerintah Desa Kalikidang Kecamatan Sokaraja Kabupaten Banyumas memerintahkan kepada para ketua RT, kader Posyandu dan para Kadus setempat untuk mendata masyarakat dengan prioritas warga berusia 50 tahun keatas untuk mengikuti vaksin pada hari yang sudah di jadwalkan sesuai arahan dari pihak Puskesmas 1 Sokaraja.

“Dengan berdasarkan data tersebut Pemerintah Desa memberikan 220 undangan kepada calon peserta Vaksin yang mana dengan syarat- prioritas usia 50 tahun, demi Kesehatan warga desa Kalkidang usia 18-49 tahun dengan ketentuan yang datang lebih awal sampai nomor 220 dan untuk nomor urut 221 seterusnya menjadi peserta cadangan apabila ada yang tidak lolos screening diantara data peserta undangan terdapat 79 orang yang masuk kategori usia 50 tahun,” ujarnya.

Di tempat yang sama kepala desa Kalikidang Sarjono mengucapkan terimakasih kepada masyarakat desa Kalikidang yang telah antusias mengikuti Vaksinasi dengan dengan kehadiran pendaftar Vaksin sejumlah 289 orang pendaftar serta displin telah melakukan Prokes 3M memakai masker, menjaga jarak serta mencuci tangan, namun vaksinasi dari jumlah kehadiran tersebut hanya terlayani 220 orang yang terlayani dan di tambah 10 peserta ibu hamil.

“Harapan saya saat nanti ada tambahan dosis vaksin lagi untuk bisa bareng-bareng mengikuti vaksin dengan keadaan saat ini masih dalam kondisi PPKM hingga 19 Agustus masyarakat supaya mematuhinya dengan kesadaran yang cukup tinggi,” ungkap Sarjono

Salah satu warga RW 05 MT yang sudah berumur 50 tahun cukup kecewa karena terlambat datang atas menjalankan rutinitas sebagai pedagang pasar.

“Saya tiba di balai desa Kalikidang pukul 10.00 WIB ternyata sudah mendapatkan nomor urut 273 sehingga menjadi peserta cadangan,” cetuk MT

Lain dengan Ibrahim usia 40 tahun warga RT 01 RW 02 yang merupakan sama-sama pedagang pasar tradisional mengaku senang mendapatkan vaksin.

“Ada rasa nyeri setelah di vaksin dan terasa ngantuk , namun ya saya senang karena sebagai pedagang di pasar tradisional saya banyak berinteraksi dengan pelanggan di pasar, serta ada orang tua yang komorbid tinggal serumah dengan saya,” ungkap ibrahim.

Dalam kegiatan tersebut juga di kunjungi oleh Kapolsek Sokaraja AKP Sutrisno beserta jajaranya. (Imam S)

No More Posts Available.

No more pages to load.