Pemkab Pamekasan akan Latih Warga untuk Jadi Pengusaha Baru

oleh -
img 20210527 wa0003
Pelaksana Tugas (Plt) Kepala DPMPTSP Naker Pamekasan, Supriyanto.

NASIONALNEWS.ID, PAMEKASAN – Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Ketenagakerjaan (DPMPTSP Naker) Kabupaten Pamekasan, Madura, berencana memberikan pelatihan program wira usaha baru (WUB) tahun 2021.

Namun, target peserta pelatihan dimungkinkan sama dengan tahun 2020, yaitu sebanyak 1.600 orang.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala DPMPTSP Naker Pamekasan, Supriyanto mengaku belum bisa memastikan jumlah peserta WUB 2021, lantaran anggaran belum bisa direalisasikan setelah adanya recofusing anggaran untuk penanganan Covid-19.

“Peserta pastinya masih menunggu DPA (dokumen pelaksanaan anggaran) selesai. Saat ini masih proses, setelah recofusing kemarin kan harus ada penyelesaian-penyelesaian, kita menunggu,” kata Supriyanto, Rabu (26/05/2021).

Rekrutmen peserta WUB, kata Supriyanto, akan dilakukan melalui fasilitator yang bekerja sama dengan pemerintah desa dan tokoh masyarakat untuk mendelegasikan warganya menjadi peserta program prioritas Bupati Pamekasan, Baddrut Tamam.

Peserta yang mendaftar nanti akan dilatih sesuai bidang usaha yang diambil. Kemudian bagi peserta yang memilih pelatihan dan membutuhkan fasilitas untuk mendapatkan kualitas yang bagus akan dikirim ke pabrik tertentu guna memaksimalkan hasil dari program tersebut.

“Misalnya pelatihan membuat sandal, itu kan fasilitasnya kurang memadai di Pamekasan. Maka kita kirim ke sentra industri sandal, sepatu dan lain-lain,” jelas Supriyanto.

Mantan Kabag Humas dan Protokol Pemkab Pamekasan ini berharap masyarakat yang benar-benar ingin menjadi pengusaha untuk memanfaatkan program tersebut.

“Yang penting serius, kita akan fasilitasi untuk menjadi wira usaha baru. Bagi peserta tahun 2020 untuk lebih semangat lagi. Karena Pemkab telah memberikan fasilitas, pelatihan dan modal. Tolong fasilitas ini untuk dipergunakan sebaik-baiknya,” harapnya.

WUB ini merupakan salah program prioritas Bupati Pamekasan, Baddrut Tamam di bidang ekonomi dengan target menciptakan 10 ribu pengusaha baru selama lima tahun kepemimpinannya.

Selain memberikan pelatihan, Pemkab Pamekasan juga memberikan alat produksi melalui dana corporate sosial responsibility (CSR) serta menyediakan dana channeling dengan bunga 0 persen selama satu tahun khusus kepada peserta WUB tersebut.

“Sekali lagi, kita berharap agar masyarakat memanfaatkan program tersebut. Sebab, program ini untuk memberdayakan masyarakat di bidang ekonomi,” pungkasnya.

Reporter: Kholisin

No More Posts Available.

No more pages to load.