Tiga Pilar Jakbar Gelar Upacara Hari Pahlawan

oleh -

NASIONALNEWS.ID, JAKARTA – Tiga Pilar Jakarta Barat menggelar upacara memperingati hari Pahlawan 10 November di halaman Kantor Walikota Jakarta Barat, Minggu (10/11/2019)

Dihari Pahlawan, yang mengikuti upacara tersebut kurang lebih 2310 personil, yang terdiri personil TNI, Polri, Pegawai ASN, Dishub, Damkar, Satpol PP, Tagana, dan FKDM.

Bertindak selaku Inspektur upacara Walikota Kota Administrasi Jakarta Barat H. Rustam Efendi dan selaku Komandan upacara, H .Abdul Cholik (Kasudin Pemadam Kebakaran). Tema
dari Peringatan Hari Pahlawan ke 74 ini, “Aku Pahlawan Masa Kini”

Dalam kesempatan tersebut Walikota menyampaikan, bahwa setiap tanggal 10 November, Bangsa Indonesia memperingati Hari Pahlawan, guna mengenang jasa-jasa dan pengorbananya para pejuang bangsa.

“Peringatan tersebut, didasarkan pada peristiwa ‘Pertempuran 10 November 1945’ di Surabaya, sebagai pertempuran pertama dan terbesar antara pasukan Indonesia dengan pasukan asing setelah proklamasi kemerdekaan 17 Agustus 1945 dengan memakan korban jiwa yang cukup besar,” ujarnya.

Masih dikatakanya, peristiwa tersebut, merupakan sebuah peristiwa yang memperlihatkan kepada dunia Internasional, betapa segenap rakyat Indonesia dari berbagai Ras, Suku, Agama, Budaya dan berbagai bentuk partikularisme golongan bersama-sama melebur menjadi satu untuk berikrar, bergerak dan menyerahkan hidupnya, jiwa raganya untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

“Bung Karno pernah menegaskan, bahwa bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa pahlawannya. Kalimat singkat dari Bung Karno ini, memiliki makna yang sangat mendalam bagi kita semua, bahwa tanpa pengorbanan dan perjuangan para Pahlawan serta perintis kemerdekaan, tidak akan ada gagasan besar untuk mendirikan sebuah Negara yang bernama Republik Indonesia,” jelasnya.

Walikota juga menambahkan, peringatan Hari Pahlawan kali ini bertujuan membangkitkan semangat berinovasi bagi anak-anak bangsa untuk menjadi Pahlawan masa kini, sebagaimana tema peringatan hari Pahlawan tahun 2019 yaitu “Aku Pahlawan Masa Kini”.

“Menjadi Pahlawan Masa kini, dapat dilakukan oleh siapapun Warga Negara Indonesia, dalam bentuk aksi-aksi nyata memperkuat keutuhan NKRI, seperti menolong sesama yang terkena musibah, tidak melakukan provokasi yang dapat mengganggu ketertiban umum, tidak menyebarkan berita hoax dan tidak melakukan perbuatan anarkis serta merugikan orang lain,” pungkasnya.

Upara di hadiri Dandim 0503/JB Kolonel Kav. Valian Wicaksono, Kapolres Jakarta Barat Kombes Pol Hengki Haryadi. (BB)

No More Posts Available.

No more pages to load.