Gangguan Kecemasan Berlebihan Sering disebut Anxiety Disorder. Apa itu Anxiety Disorder ?

oleh -
18de9cd3 65f0 4a39 8a17 f5416e4ee2b0
Foto: Pixabay

NASIONALNEWS.ID KOTA TANGERANG – Memiliki rasa cemas adalah hal yang amat wajar. Namun, jika terlalu sering merasa cemas secara berlebihan dan tanpa ada alasan yang kuat, mungkin memiliki gangguan kecemasan atau dikenal juga sebagai anxiety disorders.

Cemas dan gangguan kecemasan adalah dua kondisi yang berbeda. Jika mengalami gangguan kecemasan, akan merasa mudah khawatir terhadap berbagai hal, bahkan ketika sedang dalam situasi normal. Pada tingkatan yang sudah tergolong parah, anxiety disorder juga bisa mengganggu aktivitas sehari-hari dari orang yang mengalaminya.

Jenis-jenis anxiety disorder

1. Agoraphobia
Mengidap agoraphobia jika memiliki perasaan takut dan sering menghindari tempat atau situasi yang menyebabkan Anda merasa panik, terjebak, tidak bisa minta tolong, dan merasa malu.

2. Gangguan kecemasan karena kondisi medis tertentu
Gangguan kecemasan mungkin saja terjadi karena kondisi medis tertentu. Artinya, perasaan cemas dan panik secara berlebihan bisa muncul karena adanya masalah pada kondisi fisik Anda.

3. Generalized anxiety disorder (GAD)
Generalized anxiety disorder, yaitu kecemasan kronis yang ditandai dengan rasa khawatir dan tegang yang berlebihan. Jenis gangguan kecemasan ini berlangsung secara terus-menerus dan cenderung tidak terkendali. Orang dengan GAD bisa sangat gelisah meski sedang tidak berada dalam situasi yang menegangkan sekalipun, alias baik-baik saja. Rasa khawatir dan tegang yang berlebihan terkadang juga disertai dengan gejala fisik, seperti gelisah, sulit berkonsentrasi, dan bahkan kesulitan tidur (insomnia).

4. Gangguan panik (panic disorder)
Gangguan panik bisa muncul secara tiba-tiba dan berulang kali tanpa adanya alasan yang jelas. Seseorang yang mengalami kondisi ini umumnya juga menunjukkan gejala fisik seperti keluar keringat berlebih, nyeri dada, sakit kepala, napas memburu, dan detak jantung yang tidak teratur.

Banyak orang sering menganggap berbagai gejala tersebut sebagai serangan jantung. Gangguan panik ini bisa ditandai dengan munculkan serangan panik. Serangan panik bisa dialami kapan dan di mana saja. Beberapa orang mungkin akan mengalami serangan panik hanya dalam hitungan menit, sementara lainnya bisa mengalami hingga berjam-jam.

5. Selective mutism
Gangguan kecemasan yang satu ini ditandai dengan anak yang tidak bisa berbicara pada kondisi atau situasi tertentu. Contohnya, anak mendadak tidak bisa bicara saat sedang di sekolah, padahal saat di rumah atau di tempat lain, anak tidak memiliki masalah dalam berbicara. Jika tidak segera diatasi, kondisi ini bisa mempengaruhi aktivitasnya di sekolah. Bahkan, saat anak beranjak dewasa, bisa jadi masalah ini akan muncul di tempat kerja, atau di kondisi-kondisi lain saat ia harus berkomunikasi dengan orang lain.

6. Gangguan kecemasan berpisah (separation anxiety disorder)
Jenis yang satu ini biasanya dialami oleh anak-anak pada masa tumbuh kembangnya. Biasanya, kondisi ini disebabkan perpisahan yang terjadi antara sang anak dengan orangtua atau figur pengganti orangtua di sekitarnya.

7. Gangguan kecemasan sosial (Social anxiety disorder)
Social anxiety disorder, alias kecemasan sosial adalah rasa ketakutan ekstrem yang muncul ketika berada di tengah-tengah banyak orang. Gugup ketika bertemu orang lain (terutama orang asing atau orang yang cukup penting) itu wajar saja. Namun, ketika Anda selalu merasa gugup, bahkan takut, berada di lingkungan baru sampai berkeringat dan merasa mual, Anda mungkin mengalami kecemasan sosial.

Berbeda dengan rasa malu atau gugup yang umumnya hanya berlangsung sebentar, kondisi ini justru berlangsung terus-menerus dalam waktu yang lama. Sumber penyebab dari kecemasan sosial adalah rasa takut akan diamati, dihakimi, atau dinilai di depan orang lain.

Gangguan kecemasan sosial adalah satu jenis dari fobia kompleks. Jenis fobia tersebut memiliki dampak yang merusak, bahkan sampai melumpuhkan kehidupan penderitanya. Pasalnya, gangguan ini dapat memengaruhi kepercayaan dan harga diri seseorang, mengganggu hubungan dan kinerja di tempat kerja atau sekolah.

8. Fobia spesifik
Fobia spesifik juga masuk dalam jenis anxiety disorder. Kondisi ini merupakan ketakutan yang berlebihan dan terus-terusan terhadap suatu objek, situasi, atau aktivitas tertentu yang umumnya tidak berbahaya. Contohnya, fobia badut, fobia laba-laba, phobia ketinggian, balon, jarum, darah, dan lain sebagainya. Orang dengan kondisi ini tahu bahwa ketakutan yang mereka alami berlebihan, tetapi mereka tidak bisa mengatasinya.

 

Kapan harus periksa ke dokter?

32bd0899 061a 43b9 b1c3 c355d8190ed1
Foto: Pixabay

Segera temui dokter jika:

● Anda terus-terusan dirundung rasa khawatir hingga mengganggu aktivitas sehari-hari.
● Rasa takut, khawatir, dan cemas yang Anda alami sulit untuk dikendalikan.
● Stres kronis, kecanduan alkohol, menggunakan narkoba, atau memiliki masalah kesehatan mental lainnya.
● Keinginan untuk melukai diri sendiri atau bahkan bunuh diri.
Jika Anda memiliki tanda-tanda atau gejala-gejala di atas atau pertanyaan lainnya, konsultasikanlah dengan dokter Anda.

Ingat, rasa khawatir yang Anda alami mungkin tidak akan hilang dengan sendirinya atau bahkan justru bisa bertambah buruk dari waktu ke waktu jika Anda tidak segera mencari bantuan. Oleh sebab itu, jangan ragu untuk berkonsultasi ke dokter, psikolog, atau psikiater sebelum gangguan kecemasan Anda memburuk. Pengobatan akan jauh lebih mudah jika Anda mendapatkan pertolongan medis lebih awal.

Penyebab anxiety disorder (gangguan kecemasan)
Penyebab anxiety disorder sampai saat ini belum benar-benar diketahui secara pasti. Ada beberapa kemungkinan penyebab kondisi ini. Berbagai kemungkinan penyebab anxiety disorder :

Para ahli meyakini bahwa salah satu penyebab gangguan kecemasan dipicu oleh genetik. Jadi, jika Anda memiliki orangtua atau saudara kandung yang mengalami gangguan kecemasan, Anda berisiko tinggi untuk mengalaminya juga. Kejadian traumatis di masa lalu dan stres jangka panjang juga bisa jadi penyebab seseorang mengalami gangguan kecemasan kronis. Bahkan, kondisi ini juga bisa disebabkan karena kondisi medis tertentu. Ya, dalam beberapa kasus, tanda dan gejala kecemasan adalah indikator pertama dari penyakit medis.

Jika dokter mencurigai bahwa kecemasan yang Anda alami disebabkan oleh masalah kesehatan tertentu, ia akan menganjurkan Anda untuk melakukan beberapa pemeriksaan atau tes untuk memastikan apakah Anda mengalami gangguan kecemasan atau tidak.

Kondisi medis yang dapat menjadi penyebab anxiety disorder

Beberapa kondisi medis yang dapat dikaitkan dengan gangguan kecemasan termasuk:

● Penyakit jantung.
● Diabetes.
● Masalah tiroid, seperti hipertiroidisme.
● Gangguan pernapasan, seperti penyakit paru obstruktif kronis (PPOK) dan asma.
● Penyalahgunaan narkoba.
● Kecanduan alkohol.
● Nyeri kronis atau sindrom iritasi usus.
● Tumor langka yang dapat memicu produksi hormon adrenalin atau hormon tertentu lainnya.
Terkadang gangguan kecemasan juga dapat menjadi efek samping dari obat-obatan tertentu.

Faktor risiko anxiety disorder (gangguan kecemasan)

Sebenarnya, faktor risiko untuk setiap jenis gangguan kecemasan dapat bervariasi. Beberapa faktor risiko umum yang bisa memicu penyebab semua jenis anxiety disorder meliputi:

1. Trauma

Anak-anak yang mengalami pelecehan seksual atau menyaksikan peristiwa traumatis di masa kecil berisiko lebih tinggi mengalami anxiety disorder (gangguan kecemasan) ketika dewasa. Tak hanya anak-anak, orang dewasa juga demikian.

2. Riwayat genetik

Memiliki kerabat sedarah, terutama orangtua dan saudara kandung, dapat meningkatkan risiko Anda terkena gangguan kecemasan.

3. Kepribadian tertentu

Orang dengan tipe kepribadian tertentu lebih rentan terhadap gangguan kecemasan daripada yang lain.

4. Gangguan mental

Orang dengan gangguan mental, seperti depresi, sering kali juga mengalami gangguan kecemasan.

5. Penggunaan obat-obatan atau alkohol

Penyalahgunaan alkohol dan narkoba dapat menyebabkan atau bahkan memperburuk gangguan kecemasan yang Anda alami.

6. Stres karena suatu penyakit

Memiliki kondisi kesehatan atau penyakit serius dapat memicu perasaan takut dan cemas berlebih. Terutama perihal biaya pengobatan, peluang kesembuhan, hingga bagaimana Anda menghadapi masa depan nantinya.

Selain karena penyakit, Anda juga bisa mengalami anxiety disorder karena masalah pekerjaan, kehilangan orang yang terkasih, atau bahkan impitan ekonomi.

Diagnosis & pengobatan anxiety disorder (gangguan kecemasan)

e0614c39 e36f 4ea4 b5ef 199927e31377

Bagaimana cara mendiagnosis anxiety disorder?

Sebelum menjalani berbagai tes untuk mendiagnosis gangguan kecemasan, Anda pasti harus berkonsultasi mengenai kondisi kesehatan terlebih dahulu dengan dokter :

Dokter akan mencari tahu terlebih dahulu tanda dan gejala dari kondisi medis tertentu yang Anda alami untuk memastikan apakah ada masalah kondisi kesehatan tertentu yang mungkin menyebabkan timbulnya rasa cemas.

Meski begitu, jika Anda merasakan anxiety disorder yang tergolong parah, lebih baik temui spesialis kesehatan mental atau psikiatri. Tujuannya, untuk melakukan tes gangguan kecemasan dan mengatasi masalah kesehatan yang Anda alami.

Pemeriksaan yang dilakukan

Untuk melakukan tes diagnosis gangguan kecemasan, psikiatri atau dokter ahli kesehatan mental mungkin akan melakukan evaluasi psikologis dari pasien. Hal ini termasuk menilai pola pikir, perasaan, dan perilaku Anda untuk mencari tahu apakah ada yang menunjukkan gejala anxiety disorder.
Apalagi gangguan kecemasan sering kali terjadi bersamaan dengan gangguan kesehatan mental lainnya, seperti depresi dan penggunaan obat-obatan terlarang yang terkadang membuat proses tes diagnosis menjadi lebih sulit.

Bagaimana cara mengatasi anxiety disorder (gangguan kecemasan)?

Dua pengobatan utama untuk mengatasi (anxiety disorder) gangguan kecemasan adalah psikoterapi dan obat-obatan.

● Psikoterapi
Psikoterapi juga dikenal sebagai terapi bicara atau konseling psikologis merupakan pengobatan untuk gangguan kecemasan. Psikoterapi memiliki banyak macam, tapi yang paling sering digunakan utnuk mengobati anxiety disorder adalah terapi perilaku kognitif (CBT). Terapi ini berfokus pada hubungan antara masalah, pola pikir, dan perilaku Anda. Dalam terapi ini, Anda akan diminta untuk membuka diri dan bercerita tentang semua keluhan yang sedang Anda hadapi kepada terapis.

Tak perlu merasa malu atau cemas, terapis yang menangani Anda tidak akan menghakimi dan pasti menjaga semua rahasia Anda. Dipandu dengan terapis, Anda akan diajak untuk mencari akar masalah yang ingin diselesaikan dan tujuan akhir yang ingin dicapai.

● Obat-obatan
Dokter juga mungkin akan meresepkan beberapa obat-obatan tertentu untuk meringankan gejala kecemasan yang Anda alami.

Berikut beberapa jenis obat yang sering diresepkan dokter untuk mengatasi anxiety disorder:

● Antidepresan, seperti escitalopram, paroxetine, sertraline, fluoxetine, dan citalopram.
● Antikecemasan, seperti benzodiazepine, alprazolam (Xanax), chlordiazepoxide (Librium), clonazepam (Klonopin), diazepam(Valium), dan lorazepam.
Dokter mungkin akan meresepkan obat lainnya sesuai dengan kondisi Anda. Silakan berkonsultasi ke dokter untuk informasi lebih lanjut.

Pencegahan anxiety disorder (gangguan kecemasan)

Kecemasan seperti banyak kondisi kesehatan mental lainnya, bisa lebih sulit diobati jika Anda tidak segera memeriksakan diri dan melakukan tes diagnosis untuk gangguan kecemasan. Maka dari itu, jangan ragu untuk berkonsultasi ke dokter atau psikolog ketika Anda mengalami kecemasan yang tidak biasa. Kebanyakan orang menganggap bahwa orang yang pergi ke dokter atau psikolog adalah orang “gila”. Padahal, hal ini tentu saja tidak benar. Siapa saja boleh melakukan konsultasi ke psikolog demi menjaga kesehatan mentalnya. Perlu dipahami bahwa kesehatan mental sama pentingnya dengan kesehatan badan Anda.

Jadi, tak perlu didiagnosis memiliki gangguan jiwa untuk pergi ke psikolog. Bila ada pertanyaan, konsultasikanlah dengan dokter untuk solusi terbaik masalah Anda.

Artikel Opini Oleh : Sheila Amimi

Mahasiswi Universitas Muhammadiyah Tangerang

No More Posts Available.

No more pages to load.