Festival Kampung Betawi KSBB Didukung Disbudpar Kota Tangerang

oleh -
oleh
Foto: ist.

NASIONALNEWS.ID, KOTA TANGERANG – Festival Kampung Betawi yang akan digelar Komunitas Seni Budaya Betawi (KSBB) Kecamatan Karang Tengah mendapat dukungan penuh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Tangerang.

Hal itu diungkapkan langsung Kepala Disbudpar Kota Tangerang, Raden Rina Hernaningsih melalui pesan singkat whatsapp beberapa waktu lalu.

Bahkan secara pribadi Rina juga mengapresiasi kegiatan Festival Kampung Betawi KSBB, agar kebudayaan di Kota Tangerang semakin beragam.

“Saya pribadi sangat mengapresiasi KSBB. Sebab kebudayaan itu memang harus terus dilestarikan agar tidak tergerus oleh zaman dan kelestariannya terus terjaga,” kata Rina.

Sementara, Ketua KSBB Kecamatan Karang Tengah, Erix Nurdiansyah menegaskan, pagelaran Festival Kampung Betawi merupakan langkah lanjutan dari peresmian Rumah Budaya yang dilakukan oleh Kadis Budpar Kota Tangerang.

“Ini merupakan tindak lanjut peresmian Rumah Budaya, agar kebudayaan lokal, khususnya kebudayaan Betawi tidak hilang tergerus oleh budaya-budaya dari luar. Maka kebudayaan itu harus terus dilestarikan melalui festival atau pertunjukan bernuansa Betawi,” terang Erix di Kedai Kopi Harum Hanis, Minggu malam kemarin.

Erix juga menjelaskan, Festival Kampung Betawi yang akan digelar nanti merupakan festival yang kedua, dengan menampilkan Marawis, Golok Freestyle, Band Betawi, Tari Betawi, Mewarnai, Lenong Betawi, Komidi Puter, Gamang Kromong, Palang Pintu dan Silaturahmi Silat Betawi.

“Acara kedua ini tidak jauh berbeda dengan festival tahun lalu. Kita tetap menghadirkan nuansa yang kental akan Betawi. Namun kali ini lebih banyak dari tahun lalu,” jelasnya.

Erix menambahkan, bahwa pada festival itu akan disediakan puluhan stand bazar untuk para pelaku UKM dari dalam kota dan luar Kota Tangerang, namun akan terpisah antar UKM Betawi dan umum.

“Ada ratusan stand bazar untuk khusus Betawi dan umum. Selain itu nantinya ada artis Betawi juga, yaitu Bang Azis Gagap untuk memeriahkan festival tersebut,” ungkapnya.

Dirinya berharap pada pagelaran Festival Kampung Betawi yang akan datang dapat berjalan lancar dan meriah, juga dapat membuat melek masyarakat dengan kebudayaan Betawi.

“Semoga sukses, lancar dan juga meriah. Tetapi yang terpenting masyarakat bisa melek dengan kebudayaan Betawi dan terus dapat melestarikannya sampai akhir hayat,” pungkasnya. (aput/angga)

No More Posts Available.

No more pages to load.