Resmi Mendaftar di KPU Nabire, FX Mote Beberkan Visi Misi Nabire Bangkit Pro Perubahan

oleh -
oleh
Img 20201002 Wa0017

NASIONALNEWS.ID, NABIRE – Usai Komisi Pemilihan Umum (KPU) menetapkan sebagai Pasangan Calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Nabire nomor urut 03, Fransiskus Xaverius Mote dan Tabroni Bin M Cahya terus tancap gas dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020

Paslon yang dijuluki sebagai Frans-Bro dengan jargon Nabire Bangkit Pro Perubahan, tegah disibukan insentitas kegiatan politik yang menyita tenaga dan waktu. Namun, lelaki yang malang melintang di dunia birokrasi pemerintahan ini, meluangkan waktu menemuai sejumlah awak media di rumah makan hotel Angrek, Kamis (1/10/2020).

Dalam pertemuan tersebut, Frans, mengatakan apa yang mendorong dirinya maju sebagai calon Bupati di Nabire. Karena itu, dalam mengisi masa kampanyenya salah satu cara adalah menemui wartawan untuk mengabarkan apa yang menjadi mimpinya yang dikemas dalam visi dan misi agar masyarakat Nabire dapat mengetahuinya.

Setelah mencermati fenomena di Nabire, dirinya bersama Calon Wakil Bupati Nabire Tabroni mencoba mencari solusi dan strategi untuk mengatasi permasalahan yang ada di Nabire. Dari hasil kajiannya yang mendalam, maka paslon nomor 03 tersebut merumuskan Visi dan Misi.

“iya Visi kami berdua adalah : Terciptanya Nabire Yang Bangkit, Mandiri, Sejahtera dan Berkeadilan berlandaskan Ketuhanan Yang Maha Esah,” katanya.

Frans menjelaskan, untuk mewujudkan visi, tentu ada misi dan di kemas dalam lima misi yakni terciptanya stabilitas daerah yang kondusif, peningkatan iman dan ketaqwaan, peningkatan pelayanan pendidikan, pelayanan Kesehatan yang prima, pemberdayaan ekonomi rakyat dan tersedianya infrasturuk dasar yang memadai.

“Intinya dari misi kami adalah menciptakan masyarakat Nabire yang beriman, pintar, sehat dan kenyang, di dukung oleh stabilitas kemananan yang tetap kondusif dan sarana prasarana yang memadai,” ujarnya.

Bahkan dirinya mengaku, lima misinya tersebut, Ia menamakan lima panca tunggal program. Artinya satu di dalam lima lima di dalam satu. Tidak dipisahkan antara satu salam lain, dalam implementasikan lima panca tunggal program, Ia mengaku dibagi dalam tiga zona yakni terisolir, terluar dan terdepan.

Ketiga zona ini berbeda-beda pula dalam sentuhan pemerintah dalam memberikan pelayanan, pembangunan dan pemberdayaan.

“Dilihat dari letak geogrfis dan permasalahan pembangunan yang ada di Nabire, jelas tidak bisa sama ratakan dalam melihat, memikirkan dan dalam memberikan pelayanan, pembangunan dan pemberdayaan. Perlu di pisahkan melalui tiga zona tadi agar kebijakan pemerintah dalam pelayanan, pembangunan dan pemberdayaan itu terlaksana dengan esensi keadilan,” tuturnya.

Menurut Frans, hanya melalui esensi pelayanan, pembangunan dan pemberdayaan yang berkeadilan melalui tiga zona akan mengeliminar bahkan akan terjawab persoalan pembangunan di Nabire. Disitu masyarakat itu akan merasakan sebuah kebangkitan, kemandirian dan kesejahteraan, maka otomatis perubahan itu benar-benar terwujud.

“iya jadi mengapa dalam konsentelasi pilkada ini kami empunyai sebuah jargon ‘Nabire Bangkit Pro’ Prubahan, rangkumannya saya kemukakan sebelumnya tadi,” ucap Frans.

Lebih lanjut, Frans mengaku sudah menyiapkan program pendukung, yakni Kartu Nasekten. Dalam satu kartu, ada sejumlah variabel seperti kartu Nabire pintar, kartu Nabire sehat, kartu Nabire Kenyang, dan variabel lainnya.

Selain itu, dirinya menawarkan kepada ASN yang akan membantu pemerintahannya jika kelak terpilih, maka memperhatikan kesejahteraan ASN dari sisi kehadiran (ULP) dan beban kerja (Kinerja).

“Tentu kesejahteraan ASN pun akan disesuaikan dengan tiga zona pelayanan. Terisolir, Terluar dan Terdepan, dan kami sudah hitung itu. ASN yang akan bertugas di terisolis 200 ribu/bulan, terluar 150 ribu/perbulan dan terdepan 100 ribu/bulan,” imbuhnya.

Bahkan dengan tegas, dirinya bersama wakilnya akan meningkatkan upa atau gaji pengawai honorer minimal 3.500 ribu hingga 3.700 ribu/bulan. Sedangkan untuk program yang ditawarkan, selaku calon bupati Ia mengaku banyak bukti yang dilakukannya saat dirinya malang melintang di dunia birokrasi pemerintahan, terutama ketika Ia menjabat sebagai Pj Bupati di sejumlah daerah seperti di Waropen, Intan Jaya dan Deiyai.

“waktunya kita bicara bukti, bukan janji. Karena ada bukti maka ketika saya dan wakil terpilih, maka kami dua akan buat di Nabire demi perubahan,” ucap dengan penuh optimis.

Dirinya berkomitmen juga untuk menurunkan angka kemiskinan serta mengangkat potensi yang hingga kini masih terpendam dan belum tersentuh hingga saat ini menjadi salah satu fokus untuk lima tahun mendatang.

“Kami berharap Nabire benar-benar menjadi kota tujuan, intinya itu dan cukup dulu ya, nantinya akan kami jelaskan secara gamblang masing-masing variabel,” tutup Frans. (YERI TARIMA).

No More Posts Available.

No more pages to load.