Dua Bandit Ngaku Kelompok Teges Diringkus Polisi

oleh -
img 20210324 wa0115

NASIONALNEWS.ID, JAKARTA – Unit Jatanras Satuan Reskrim Polres Metro Jakarta Barat, meringkus dua bandit yang mangaku kelompok Tempel Geser (Teges) yang menggasak barang di mobil saat pengemudinya tertidur di pom bensin di Jalan S Parman, Palmerah, Jakarta Barat.

Kelompok Teges ini sudah 49 kali melakukan tindak kejahatan.
Kedua pelaku, As als Ry (25) dan AA als AI (31) ditangkap di sebuah pom bensin di Jalan Tendean, Jakarta Selatan pada Selasa (23/3/2021). Saat penangkapan, mereka berusaha melawan petugas sehingga dilakukan tindakan tegas terukur. Keduanya dibedil di bagian kaki.

Kapolres Metro Jakarta Barat, Kombes Ady Wibowo didampingi Kasat Reskrim AKBP Teuku Arsya Khadafi dan Kanit Krimum AKP Dimitri Mahendra, dua pelaku dari Kelompok Teges ini beraksi selama 3 tahun.

“Mereka mengaku sudah 49 kali beraksi di wilayah Jabodetabek,” jelas Ady kepada wartawan, Rabu (24/3/2021) sore.

Kapolres juga menegaskan, keberhasilan pengungkapan kasus tersebut merupakan hasil dari Program Polres Metro Jakarta Barat yaitu CCTV No Blindspot yang dilounching Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol M Fadil Imran, awal Januari 2021 lalu.

”Dari gambar yang terekam CCTV, anggota kami berhasil meringkus dua pelaku tersebut,” ujar kapolres.

Dirinya juga menjelaskan, kedua pelaku memiliki peran berbeda-beda. Tersangka As als Ry, sambung kapolres, berperan sebagai eksekutor yang mengambil barang berharga milik korban. Sedangkan AA als AI sebagai joki sekaligus mempelajari situasi di sekitar TKP.

Masih dikatakannya, pihaknya masih melakukan pengejaran tiga pelaku lainnya yaitu TY, EA dan RN berperan mengikuti korban pakai sepeda motor. Sebelum pandemi Covid-19, mereka mengincar orang yang keluar dari tempat hiburan dalam kondisi mabok minuman keras kemudian diikuti dan saat situasi tepat para pelaku kemudian melancarkan aksinya.

Kapolres mengapresiasi atas kegigihan dari Satuan Reskrim Polres Metro Jakarta Barat, dipimpin AKP Dimitri Mahendra dan Kasubnit Jatanras Ipda M Rizky Ali Akbar yang telah menangkap dua pencuri barang berharga milik pengemudi mobil yang sedang beristirahat di pom bensin di Jalan S Parman, Palmerah, Jakarta Barat, beberapa hari lalu.

Sementara itu, Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Barat, AKBP Teuku Arsya Khadafi menambahkan, kawanan itu setiap beraksi kerap membawa senjata tajam.

”Pengikut kelompok ini semuanya bisa bermain,” ucapnya.

Ditegaskan Arsya, pihaknya akan terus menangkap pelaku lainnya dengan harapan masyarakat di wilayah Jakarta Barat, dapat menikmati rasa nyaman dan aman dari kepolisian khususnya di jajaran Polres Metro Jakarta Barat.

(Budi Beler)