Cyber Family Baksos Peduli Korban Banjir

oleh -
Cyber Family

NASIONALNEWS.ID, KOTA TANGERANG– Intensitas curah hujan yang tinggi beberapa hari di Kota Tangerang, membuat sejumlah wilayah mengalami genangan air yang cukup tinggi hingga banjir. Hal tersebut dimanfaatkan salah satu komunitas yang kerap bergerak dalam kegiatan sosial untuk peduli atas bencana alam yang sedang dialami.

Salah satunya, Komunitas Ciliwung Cibodas Bersaudara (Cyber Family) yang berinisiatif melaksanakan kegiatan bakti sosial (Baksos) dengan turut peduli memberikan kebutuhan kepada korban banjir di Perumahan Pondok Arum, Kelurahan Nambo Jaya, Kecamatan Karawaci Kota Tangerang, Sabtu (20/2/2021).

Cyber family sampai dengan saat ini masih exis untuk kegiatan sosialnya, sebagai Ketua Cyber family, Teguh Saniyako mengungkapkan bahwa, kegiatan yang di lakukan di Kelurahan Nambo Jaya sebagai langkah dalam meringankan beban para warga yang terkena musibah bencana alam (banjir). Hal tersebut diterangkan, sesuai arahan seruan Nabi Muhammad SAW, untuk tolong- menolong atau bahu membahu membantu sesama dalam membentuk masyarakat yang kokoh laksana benteng yang masing-masing komponennya saling menguatkan.

“Laksana satu tubuh yang jika salah satu bagian sakit maka yang lain juga akan ikut sakit merasakan, sepertu saling tolong- menolong bisa menjadi renungan untuk membantu sesama. Sebagai makhluk sosial, manusia tidak dapat hidup sendiri, karena manusia saling membutuhkan satu sama lain,” ungkapnya, saat dikonfirmasi usai melaksanakan kegiatan lanjutnya di Perumahan Pondok Arum RW. 05 Kelurahan Nambo Jaya, Kecamatan Karawaci, Kota Tangerang, Minggu (21/2/2021) sore.

Teguh Saniyako

Dirinya juga menambahkan, dalam membantu sesama sudah menjadi hal yang lumrah, bahkan diwajibkan dalam setiap agama yang ada di muka bumi. Bukan semata-mata untuk menjalankan perintah agama, namun menolong sesama juga mengasah naluri sebagai makhluk sosial.

“Tolong menolong tak hanya sebatas ucapan di bibir saja, tetapi perlu diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. Setiap manusia wajib untuk menolong orang-orang terdekat di sekitar yang membutuhkan,” tegas Teguh.

Dengan dibantu 9 personel relawan cyber family, cyber family yang lahir sejak tahun1989 saat baksos di wilayah Kresek, Kabupaten Tangerang dalam melaksanakan baksos bencana banjir, Teguh juga berharap, kegiatan tersebut dapat menggugah masyarakat lainnya untuk ikut turut peduli sesama.

“Sesuai dengan arahan pimpinan kami Rasulullah Saw juga bersabda, “Siapa saja (di antara orang-orang mukmin) yang melapangkan satu kesusahan dunia yang dialami mukmin yang lain maka Allah Swt akan melapangkan satu kesusahan darinya di hari akhirat. Siapa yang menutup aib (kejelekan) seorang muslim maka Allah Swt akan selalu menolong seorang hamba selama ia tetap menolong saudaranya (sesama muslim)” (HR Tirmidzi). Semoga dalam kegiatan maupun harapan kedepan, cyber family semoga ada generasi cyber- cyber seperti kami,” tandasnya.

Kegiatan yang dilaksanakan cyber family turut diapresiasi warga Pondok Arum saat menerima bantuan. Menurutnya, inisiasi yang dilakukan sebagai cepat tanggap terhadap para korban bencana banjir memang sangat diharapkan.

” Banyak terimakasih sekali ya,… Ini turut menjadi contoh komunitas lainnya dalam membantu sesama contohnya kami-kami ini. Semoga, kebaikan yang dilakukan tim cyber family dapat bermanfaat dan menjadi pahala mendapatkan kebaikan yang setimpal,” harap pria yang sering disapa Jangkung.(Ateng)