Bina IKM, Disperindagkop UKM Sosialisasi Cara Penerbitan Izin Edar

oleh -
disperindagkop ukm kota tangerang

NASIONALNEWS.ID KOTA TANGERANG – Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (Disperindagkop UKM) Kota Tangerang menggelar sosialisasi tentang cara penerbitan izin edar bagi produk Industri Kecil Menengah (IKM). Kegiatan tersebut merupakan program Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang pembinaan terhadap IKM berbasis olahan pangan untuk mengatasi persoalan legalitas usaha dan pengembangan produk.

Dalam sambutannya, Sekretaris Dinas (Sekdis) Perindagkop UKM Kota Tangerang, Yudi Wacyudi mengatakan, bahwa kegiatan ini merupakan salah satu sosialisasi yang dilaksanakan Disperindagkop UKM dalam rangka pengembangan informasi mengenai tata cara penerbitan izin edar bagi IKM produk pangan yang dapat dijadikan salah satu persyaratan dalam pengembangan dan pemasaran produk.

“Izin edar sendiri adalah persetujuan hasil penilaian kriteria keamanan, mutu dan gizi suatu pangan olahan untuk melakukan peredaran produknya di Indonesia,” terang Yudi saat membuka acara tersebut di Gedung Cisadane lantai empat, Kota Tangerang, Jumat (20/5/2022).

disperindagkop ukm kota tangerang

Yudi menjelaskan, sosialisasi tata cara penerbitan izin edar, merupakan salah satu upaya Pemkot Tangerang dalam rangka optimalisasi pembinaan terhadap IKM yang berbasis industri olahan pangan untuk mengatasi permasalahan legalitas usaha dan pengembangan dan pemasaran produk.

“Melalui kegiatan ini, tentunya akan menjadi indikator keberhasilan pengembangan produk olahan pangan, yang mendorong terwujudnya peningkatan pendapatan pelaku usaha pada akhirnya,” ujarnya.

Menurutnya, kegiatan ini merupakan pembinaan yang dilakukan Disperindagkop UKM Kota Tangerang terhadap IKM, tujuannya guna tercapainya 3 manfaat bagi industri olahan pangan.

“Yang pertama, guna tercapainya peningkatan pengetahuan tentang prosedur dan persyaratan penerbitan izin edar kepada IKM. Kedua, adanya kepastian keamanan dan mutu produk, dan yang ketiga, menambah motivasi dalam pengolahan produk yang sesuai komposisi dan aturan keamanan pangan,” pungkasnya.

disperindagkop ukm kota tangerang

Sementara Kepala Bidang (Kabid) Industri Disperindagkop UKM Kota Tangerang, Zaelani menerangkan, kegiatan ini akan dilaksanakan sebanyak empat angkatan di tahun 2022, dimana setiap angkatan diberikan kepada 50 IKM layak izin edar.

“Disamping itu, kegiatan ini sangat positif dan relevan dengan perspektif ekonomi untuk mewujudkan Kota Tangerang menjadi industri yang ramah lingkungan dan berdaya saing, sehingga perkembangan bidang industri ini perlu diiringi dengan upaya pendayagunaan kualitas sumber daya manusia dan lingkungan,” imbuhnya.

Zaelani menambahkan, sosialisasi tentang cara penerbitan izin edar angkatan pertama tahun 2022, yang dilaksanakan Disperindagkop UKM Kota Tangerang untuk mendorong IKM meningkatan pendapatan.

“Saya berharap, melalui kegiatan ini dapat dijadikan sarana bagi para IKM dalam mengoptimalkan kemampuan yang bisa mendorong terhadap peningkatan pendapatan, melalui sosialisasi tata cara penerbitan izin edar,” tandasnya. (Adv)

No More Posts Available.

No more pages to load.