Peringati World Rabies Day, DKP Gelar Vaksinasi Rabies Massal Gratis

oleh -
dkp kota tangerang
Pemerintah Kota Tangerang melalui Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kota Tangerang menggelar vaksinasi rabies massal, di Mall Bale Kota, Minggu (26/9/2021).

NASIONALNEWS.ID KOTA TANGERANG – Menyuarakan kampanye global melalui World Rabies Day pada 28 September, Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kota Tangerang menggelar vaksinasi rabies massal, di Mall Bale Kota, Minggu (26/9/21). Diketahui, sebulan penuh DKP berhasil memberikan vaksinasi rabies ke 500 hewan peliharaan secara gratis.

“Sejak awal September kita sudah gelar vaksinasi rabies secara berkala di klinik hewan Kota Tangerang, sebagai rangkaian acaranya. Untuk hari ini, menjadi puncak kegiatannya dengan kuota 300 vaksinasi rabies, yang kota buka untuk warga se-Kota Tangerang Raya,” ungkap Abduh Surahman, Kepala DKP Kota Tangerang.

Ia pun menjelaskan, vaksinasi rabies massal ini diikuti hewan peliharaan jenis anjing, kucing, kera dan musang yang masih berumur empat bulan. Ditujukan untuk pencegahan penyebaran penyakit rabies dari hewan peliharaan.

Dkp kota tangerang

“Hingga saat ini, memang belum ada kasus rabies yang dilaporkan ke pihak DKP. Tapi, bukan berarti kita harus berdiam diri, kita perlu melakukan pencegahan sebelum terjadinya kasus. Salah satunya, dengan menggelar vaksinasi gratis seperti ini. Karena biasanya kalo di klinik berbayar hingga Rp300 ribu,” jelas Abduh.

Ia pun mengimbau, kepada seluruh masyarakat Kota Tangerang dapat memanfaatkan fasilitas-fasilitas kesehatan hewan yang diberikan Pemkot Tangerang seperti ini.

“Sehingga kesehatan hewan peliharaannya dapat terjaga dan terawat. Terlebih dapat aman untuk lingkungan sekitar, tidak mengganggu warga lainnya,” katanya.

Antusias masyarakat terutama para pemilik dan pecinta hewan kesehatan terlihat begitu tinggi. Sejak pagi dibuka, kehadiran peserta sudah cukup penuh, namun dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Dengan menggunakan masker dan berjaga jarak.

Susi, salah seorang warga yang ikut mendaftarkan hewan kesayangannya vaksin rabies mengaku senang dan antusias sekali dengan vasilitas gratis seperti ini.

“Waduh, kalo ke klinik lumayan bayarnya. Dapet info begini, trus daftarnya kemarin juga mudah. Disini juga pelayanan dokternya enak-enak, jadi yaa senang sekali lah. Karena kan kesehatan hewan terkait rabies ini kan tak hanya untuk hewannya saja, tapi kita sebagai pemiliknya juga,” ungkap Susi.

Hal senada juga diungkapkan, Iis warga Banjar Wijaya yang mengaku cukup apresiasi dengan peran Pemerintah terhadap kesehatan hewan seperti ini.

“Tidak banyak sepertinya kota kabupaten lain memiliki fasilitas seperti ini. Apalagi sampai digelar secara massal seperti ini. Jadi saya berterima kasih sekali, banyak dipermudah bagi kami para pecinta hewan,” pungkas Iis.(Adv)

No More Posts Available.

No more pages to load.