Tingkatkan SDM, Disbudpar Gelar Pelatihan Manajemen Sanggar

oleh -
disbudar kota tangerang

NASIONALNEWS.ID KOTA TANGERANG – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Tangerang menggelar pelatihan manajemen sanggar. Kegiatan yang diikuti 50 kelompok seni untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM) dalam mengelola sanggar kesenian di wilayah Kota Tangerang.

Plt Kepala Disbudpar (Kadisbudpar) Kota Tangerang, Mugiya Wardhany mengatakan, bahwa kegiatan tersebut merupakan ajang untuk mengenalkan, memberikan pemahaman serta meningkatkan pengetahuan dan keterampilan bagi sanggar-sanggar di wilayah Kota Tangerang. Karena pentingnya kesadaran dan pemahaman yang baik tentang seni dan budaya, tentunya wajib dimiliki seluruh masyarakat, dengan demikian seluruh elemen bahkan pemangku kepentingan yang ada sadar akan kewajibannya untuk mengupayakan pelestarian budaya.

“Dalam melestarikan seni budaya, perlu adanya manajemen yang tepat untuk mengatur sebuah organisasi atau kelompok dalam mengelola sanggar agar dapat dikelola secara efisien dan efektif. Efisien maksudnya adalah cara menyelesaikan suatu pekerjaan secara tepat dan dilakukan dengan benar-benar sehingga pengeluaran biaya lebih kecil daripada pendapatan, dan waktu kerja lebih dihargai. Efektif adalah selalu menjaga keseimbangan terhadap pelbagai perbedaan yang dapat menghambat pencapaian tujuan,” jelas Mugiya dalam sambutannya saat membuka Pelatihan Managemen Sanggar di Aula Kecamatan Neglasari, Kota Tangerang, Rabu (7/9/2022).

disbudar kota tangerang
Plt. Kadisbudpar Kota Tangerang, Mugiya Wardhany, SE, M.Si,

Menurutnya, setiap organisasi memiliki struktur organisasi dalam mengatur kelancaran acara atau segala urusan yang berkaitan dengan organisasinya. Struktur organisasi sanggar tentunya memiliki tugas untuk mengelola kelancaran segala urusan yang ada di sanggar, dibalik organisasi yang sukses tentu ada manajemen yang baik dan benar sehingga berhasil mengatur organisasi tersebut.

“Hadirnya 50 kelompok seni yang tersebar dari beberapa wilayah Kota Tangerang, saya harap dapat menghidupkan seni budaya yang telah diwariskan. Membangkitkan serta meningkatkan partisipasi, kemajuan dan kemandirian dari pelaku seni di sanggar seni ini tentu membutuhkan proses serta perhatian bersama,” terangnya.

disbudpar kota tangerang

Mugiya berharap, pelaku seni di Kota Tangerang lebih memiliki rasa bangga sebagai masyarakat berbudaya dan harus dikembangkan dalam bentuk minat, bakat dan keterampilan untuk memajukan seni dan budaya di wilayah Kota Tangerang. Kepada peserta pelatihan agar mengimplentasikan hasil pelatihan ini, sehingga tidak hanya berhenti sampai di sini saja.

“Dengan diadakannya pelatihan ini, diharapkan bisa mendorong sanggar memenuhi kriteria standar usaha sanggar seni dan juga bisa membuat sanggar seni menjadi lebih mandiri sehingga ke depannya bisa berperan dalam melestarikan kebudayaan dan kesenian tradisional. Selain itu, pelatihan ini menjadi kesempatan baik dan merupakan era baru bagi para penggiat seni pasca Covid-19 untuk dapat beradaptasi dengan lingkungan, termasuk situasi ekonomi di wilayah Kota Tangerang agar dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk peningkatan perekonomian. karena adanya pandemi Covid-19 selama 2 tahun kebelakang mengakibatkan sektor ekonomi mengalami penurunan,” tandasnya. (Adv)

No More Posts Available.

No more pages to load.