Curi Belasan Motor, Dua Pemuda Ditangkap Polisi

oleh -
Img 20201103 190514

NASIONALNEWS.ID, JAKARTA
Belasan kali melakukan pencurian kendaraan bermotor di sekitaran Jakarta Barat berhasil ditangkap Unit Reskrim Polsek Kebon Jeruk.
Dua tersangka berinisial RM alias Bibir ( 28 ) dan YS alias Ompong (22).

Para tersangka beraksi tidak berbekal peralatan seperti kunci leter T pada kasus ranmor umumnya, melainkan para tersangka hanya bermodalkan obeng kembang untuk mengambil kendaraan bermotor korbannya. dengan mematahkan kunci stang motor lalu membawanya ketempat sepi dengan distut oleh teman tersangka lainnya, kemudian mereka menyambungkan kabel kontak untuk menghidupkan mesin kendaraan.

Kapolsek Kebon Jeruk Polres Metro Jakarta Barat Kompol Sigit R Kumono menerangkan, pihaknya berhasil mengungkap kasus Curanmor yang kerap meresahkan masyarakat di wilayah hukum Polsek Kebon Jeruk.

“Tersangka merupakan spesialis curanmor yang biasa beraksi mencari sasaran kendaraan di sekitaran wilayah Jakarta Barat,” ujar Kompol Sigit R Kumono, Selasa, (3/11/2020).

“Kawanan tersangka Curanmor ini sudah melakukan aksinya di Jakarta Barat sebanyak 15 kali, dan para tersangka ini saat beraksi tidak menggunakan kunci leter T pada umumnya, melainkan mematahkan kunci stang dengan menggunakan kaki, lalu membawa motor tersebut ke tempat sepi dengan menstut oleh tersangka lainnya, setelah tiba di tempat sepi tersangka lalu menyambungkan kabel kontak untuk menghidupkan kendaraan hasil curian tersebut,” katanya.

Sigit menerangkan, kejadian ini berhasil terungkap berawal mula pada hari Rabu, tanggal 28 Oktober 2020, sekira jam 18.00 WIB, pada saat sepeda motor diparkir oleh saksi pelapor di Jalan.Sasak III RT.01/02 Kelurahan Kelapa Dua Kecamatab Kebon Jeruk, Jakarta Barat dalam keadaan terkunci baik stang maupun kunci kontaknya.

Selanjutnya pelapor masuk kedalam toko meubel untuk bekerja. Saat korban akan pulang mendapati sepeda motor yang di parkir sudah hilang, kemudian korban melapor kejadian tersebut ke Polsek Kebon Jeruk.

Kemudian team buser Reskrim di bawah pimpinan Kanit Reskrim AKP Yudi Adiyansa dan Panit Reskrim Iptu Lili Sipriyadi pada hari Kamis tanggal 29 Oktober 2020 sekira jam 04.28 wib pada saat sedang melaksanakan observasi dan Patroli Kring pemantauan wilayah antisipasi rawan 3 C dan antisipasi tawuran, saat melintas di Jalan Musyawarah Kebon Jeruk mengamankan tersangka RM alias Bibir ( 28 ) sedang naik sepeda motor yang gerak geriknya mencurigakan.

“Saat diberhentikan oleh petugas dan saat dimintai untuk menunjukan surat-surat kendaraan tersebut, RM alias Bibir ( 28 ) tidak bisa menunjukan, kemudian petugas membawa ke Polsek Kebon Jeruk,” ucapnya.

“Setelah dilakukan interogasi, di ketahui sepeda motor yang ia gunakan ialah hasil kejahatan yang ia lakukan, dan mengaku mengambil sepeda motor Korban bersama tersangka lainnya yaitu YS als Ompong (22) yang berhasil tertangkap setelah dilakukan pengembangan keesok harinya,” ujarnya..

Dalam kesempatan yang sama Kanit Reskrim Polsek Kebon Jeruk AKP Yudi Adiansyah menerangkan, dari hasil penangkapan spesialis ranmor ini tersangka saat beraksi hanya bermodalkan obeng kembang saja

“Tersangka sepertinya sudah lihai dan berpengalaman tentang spesifikasi kendaraan, terbukti tersangka berhasil menghidupkan kendaraan dengan mengurutkan kabel kunci kontak dengan memutus kan kemudian menyambung kembali,” ujar AKP Yudi Adiansyah.

Modus para tersangka mengambil sepeda motor tersebut dengan cara mendatangi sepeda motor yang diparkir dan kurangnya dari pengawasan, kemudian mematahkan stang motor tersebut lalu sepeda motor distut sejauh 3 km.

Setelah berada di lokasi aman, oleh tersangka, sepeda motor tersebut dinyalakan dengan cara menyambung kabel kontak dengan kawat, lalu sepeda motor tersebut dititip di rumah kawan lainnya, yaitu EI (DPO) di daerah Srengseng yang rencananya sepeda motor tersebut ingin dijual oleh tersangka nantinya.

Dari hasil penangkapan tersebut, pihaknya berhasil mengamankan barang bukti berupa 1 (Satu) buah obeng kembang dan 1 (Satu) Unit sepeda motor Honda Beat warna Biru Putih No. Pol : T – 3358 – YR senilai Rp. 12. 000.000,-

Guna mempertanggung jawabkan atas perbuatannya, tersangka dikenakan pasal 363 KUHPidana. (Budi Beler)

No More Posts Available.

No more pages to load.