Korban Banjir Bandang Lebak, Harapkan Bantuan Bangun Rumah Tinggal

oleh -97 views

NASIONALNEWS.ID, LEBAK – Korban banjir bandang di Desa Sukarame, Kecamatan Sajira, Kabupaten Lebak, Banten, berharap pemerintah memberikan bantuan pembangunan rumah tinggalnya kembali.

Sebelumnya terjadi banjir bandang di Desa Sukarame pada (1/1/2020) lalu, hingga mengakibatkan puluhan rumah hilang tergerus derasnya aliran sungai.

Dari informasi yang dihimpun, ratusan warga tersebut menyelamatkan diri dengan naik ke bukit dan hutan dari terjangan bencana banjir bandang beberapa waktu lalu dengan hanya membawa perbekalan seadanya

Yulia (25) seorang ibu muda beserta 4 keluarga yang tinggal satu rumah harus kehilangan tempat tinggal beserta harta bendanya, sekarang harus tinggal di pengungsian.

“Saya sekarang beserta keluarga tinggal di rumah saudara karena rumah saya hilang disapu derasnya air,” kata Yulia saat dikonfirmasi awak media, Kamis (9/1/2020).

Yulia juga menceritakan, sebelumnya air masuk kerumahnya pagi hari, namun biasanya langsung surut. Tidak seperti kemaren, air makin siang makin tinggi dan akhirnya bersama keluarga lari keatas bukit.

“Saya diajak suami lari keatas bukit untuk menyelamatkan diri, begitu balik rumah saya hanyut terbawa arus dan saat ini kita tinggal di pengungsian saudara,” ujarnya

Yuli juga menjelaskan, untuk bantuan dari pemerintah baik donatur kalau urusan makan cukup.Namun yang saat ini dibutuhkan pembangunan rumah tinggalnya serta peralatan rumah tangga, seperti kompor dan lain-lainya.

“Kita butuh bangun rumah walaupun dari kayu atau bilik juga peralatan dapur, seperti kompor agar bisa masak,” ucapnya.

Dirinya berharap kepada pemerintah agar membantu membangun kembali rumahnya, supaya bisa berkumpul lagi bersama keluarga, apalagi saat ini dirinya sedang hamil tua.

“Kami berharap pemerintah memberikan bantuan pembangunan rumah saya, agar bisa kumpul lagi bersama keluarga, apalagi saat ini saya sedang hamil tua,” harapnya.

Sementara H Supyani warga Sukarame juga menambahkan, di lokasi ini dari 78 tahun yang lalu belum pernah terjadi bencana seperti ini.

“Kita sudah 78 tahun disini, dan baru ini kita merasakan bencana seperti ini,” ucapnya.

Sedangkan untuk bantuan, dirinya mengucapkan banyak-banyak terimakasih kepada unsur terkait yang sudah membantu, baik berupa makanan dan pakaian yang telah di salurkan.

“Terimakasih untuk semuanya yang sudah membantu warga Sukarame, semoga bermanfaat untuk kita semua,” pungkasnya. (BB)