Usai Mudik, Ribuan Warga Kembangan di Swab

oleh -
img 20210601 020223

NASIONALNEWS.ID, JAKARTA – Ribuan warga Kecamatan Kembangan, Jakarta Barat yang usai melakukan mudik lebaran Idul Fitri 1 Syawal 1442 H mengikuti test swab antigen yang dilaksanakan tiga pilar Kecamatan Kembangan.

Ada 1341 warga Kecamatan Kembangan yang usai menjalankan mudik lebaran mengikuti test swab antingen di Polsek Kembangan maupun di Puskesmas Kecamatan Kembangan juga yang dilakukan tiga pilar secara door to door. Kegiatan tersebut dimulai dari tanggal 16 Mei sampai 31 Mei 2021.

Camat Kembangan Joko Mulyono mengatakan, pelaksanaan test swab antigen diberlakukan bagi warga yang usai menjalankan mudik lebaran.

“Kita bekerja sama dengan tiga pilar juga melalui ketua RT/RW untuk mendata warganya yang usai mudik lebaran atau tiba di Jakarta,” kata Joko Mulyono saat ditemui wartawan di ruang kerjanya pada Senin (31/5/2021).

Dirinya juga menjelaskan, terkait test swab antigen, pihaknya melakukan dengan cara door to door atau mengarahkan warga untuk melakukan swab ke Polsek Kembangan bisa juga Puskesmas Kecamatan Kembangan agar mengetahui bahwa dirinya benar-benar sehat.

“Untuk warga yang sudah tiba, kita lakukan pengecekan suhu terlebih dahulu, jika suhu badannya diatas 37 Celcius maka akan dilakukan swab antigen. Jika pasien reaktif maka kita lakukan test PCR. Sambil menunggu hasil, kita sarankan untuk isolasi mandiri sampai hasil PCR diketahui,” jelasnya.

Disamping melakukan door to door ke rumah warga yang sudah tiba, pihaknya juga menempelkan stiker di rumah warga yang belum kembali ke Jakarta.

“Alhamdulillah Kecamatan Kembangan dari data yang ada tidak ada satupun pemudik yang reaktif Covid-19,” ujarnya.

Joko juga menegaskan, pasca berakhirnya pelaksanaan pengetatan terhadap warga yang usai mudik, pihaknya akan menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) skala Mikro.

“Dengan diberlakukannya PPKM Mikro, karena kami tidak ingin masyarakat Kembangan khususnya, terkena virus Covid-19, dan berharap Kecamatan Kembangan tetap menjadi zona hijau,” tutupnya.

(Budi Beler)

No More Posts Available.

No more pages to load.