Cegah Penularan Covid-19, RSUD Kota Tangerang Buka Layanan Telemedicine

oleh -
Rsud Kota Tangerang

NASIONALNEWS.ID, KOTA TANGERANG – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Tangerang membuka layanan Telemedicine biasa disebut konsultasi kesehatan atau berobat online gratis. Telemedicine anjuran Presiden Joko Widodo untuk mengurangi resiko dan melindungi para tenaga medis dan warga dari penularan Covid-19, cukup berkonsultasi melalui aplikasi.

Hal itu diungkapkan Kepala Bidang Perencanaan dan Litbang, Dr Rima Fatimah kepada Nasional News, bahwa telemedicine adalah penggabungan teknologi informasi dan komunikasi dengan kehandalan medis dan diterapkan RSUD atas arahan Walikota Tangerang, H Arief R Wismansyah untuk memberikan layanan kesehatan yang tidak terbatas ruang atau jarak jauh.

“Telemedicine bukan hal yang baru, banyak negara yang sudah menerapkan pelayanan kesehatan berbasis online ini. Karena dirasa efisien dalam mencegah penularan covid 19, maka negara kita Indonesia menerapkan pelayanan ini,” jelas Rima saat ditemui diruang kerjanya, Jumat (5/12/2020).

Dalam menerapkan telemedicine, kata Rima, RSUD Kota Tangerang mencari mitra sesuai dengan aturan dan standarisasi, yaitu diantaranya mitra yang tetap memperhatikan mutu pelayanan kesehatan.

Rsud Kota Tangerang

“Saat ini kita sudah menunjuk Okedok sebagai mitra kami. Telemedicine pilihan tepat dimasa pandemi covid 19. Selain dapat melindungi pasien dan dokter, pelayanan ini mempermudah masyarakat yang merasa takut berobat ke rumah sakit,” jelasnya.

Menurutnya, untuk menggunakan aplikasi tersebut sangatlah mudah, masyarakat dapat mengunduh aplikasi Okedok melalui playstore di handphone android dan dapat berobat online dengan gratis.

“Masyarakat dapat mengunduh aplikasi Okedok melalui handphone. Setelah itu, bisa langsung klik aplikasi tersebut lalu ikuti petunjuk yang telah tertera pada kolom. Pelayanan berbasis online ini tidak berbayar atau gratis,” ujarnya.

Rima menerangkan, saat ini telah terdapat 3 dokter yang melayani konsultasi kesehatan melalui Telemedicine, yaitu diantaranya dokter umum, spesialis THT dan sepesialis gigi. Sejak 1 Desember hingga 4 Desember 2020 aplikasi Okedok banyak di akses masyarakat Kota Tangerang. Bahkan, ada beberapa pasien yang mendatangi RSUD Kota Tangerang untuk pemeriksaan lebih lanjut.

“Dalam uji coba konsultasi kesehatan melalui okedok, ada keluhan masyarakat mengenai telinga. Sehingga pasien tersebut diarahkan ke RSUD Kota Tangerang. Pasalnya, jika keluhan pada telinga perlu dilihat oleh dokter spesialis THT,” tuturnya.

Rima menambahkan, bila telemedicine ini mendapat respon baik dari masyarakat, pihaknya akan mengembangkan pelayanan konsultasi kesehatan berbasis online, RSUD Kota Tangerang berencana menerapkan pelayanan melalui video call.

“Jika kedepan animo masyarakat tinggi dan ada permintaan agar pelayanan online tidak hanya dilakukan melalui chating, kita akan buka pelayanan online dengan video call,” ungkapnya.

Rima berharap, dengan adanya pelayanan telemedicine mempermudah masyarakat untuk berobat jika sedang sakit dan mengurangi resiko penularan Covid-19.

“Selain itu, besar harapan saya dengan pelayanan kesehatan online ini dapat meminimalisir penularan covid 19,” tandasnya. (Adv)

No More Posts Available.

No more pages to load.