DKP Gelar Lomba Vidio Berkebun Bagi Rumah Tangga se-Kota Tangerang

oleh -
dkp kota tangerang (1)

NASIONALNEWS.ID KOTA TANGERANG – Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kota Tangerang menggelar lomba vidio berkebun bagi rumah tangga. Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke 29 Kota Tangerang Tahun 2022 dan melaksanakan sosialisasi, pembinaan dan promosi kepada masyarakat dalam pemanfaatan pekarangan rumah.

Sekretaris DKP Kota Tangerang, Wawan Kuswanto mengatakan, melalui Lomba Vidio Berkebun bagi Rumah Tangga, sebagai upaya mendorong dan menumbuh kembangkan minat dan hobi serta peranan masyarakat dalam pemanfaatan pekarangan rumah. Kegiatan itu mengangkat tema, “Pemanfaatan Pekarangan Rumah Tangga dalam Menumbuhkembangkan; Ayo Bertanam di Kota Tangerang Melalui Lomba Berkebun Rumah Tangga”.

“Tujuan lomba tersebut, meningkatkan semangat, menumbuh kembangkan minat dan hobi budidaya tanaman hias dan tanaman produktif dengan memanfaatkan pekarangan rumah yang bermanfaat bagi ketersediaan, aksesibilitas dan ketahanan pangan di rumah tangga sebagai upaya pemantapan ketahanan pangan di Kota Tangerang,” ungkap Wawan kepada wartawan di ruang kerjanya, Senin (28/2/2022).

DKP Kota Tangerang
Sekretaris Dinas Ketahanan Pangan Kota Tangerang, Wawan Kuswanto (kemeja putih) saat meninjau langsung pemanfaatan pekarangan untuk berkebun.

Menurutnya, budi daya tanaman hias dapat dijadikan suatu kegiatan yang tak hanya bisa menghibur, namun juga menambah penghasilan bagi pelaku yang telaten melakukannya, ada banyak kegiatan bermanfaat di rumah yang dapat diubah menjadi hobi bagi sebagian orang.

“Bagi Anda yang hobi dan suka mengoleksi bunga, tidak ada salahnya untuk mencoba membudidayakannya sendiri sebab tanaman yang tumbuh dari budidaya sendiri tentu lebih memberikan kepuasan tersendiri dibandingkan membeli bunga langsung jadi dalam pot,” ujarnya.

Wawan menuturkan, berbagai manfaat dapat dirasakan dari budidaya tanaman hias, disamping menambah penghasilan dapat juga menambah ruang terbuka hijau (RTH), menambah keasrian lingkungan serta menambah kesejukan dan kesegaran udara disekitar.

“Selain budidaya tanaman hias, pekarangan rumah juga dapat dimanfaatkan untuk tanaman tanaman produktif seperti sayur sayuran dengan cara Vertikultur, yang merupakan faktor penting dalam mengembangkan pemantapan ketahanan pangan rumah tangga,” terangnya.

Dinas Ketahanan Pangan Kota Tangerang

Sekretaris DKP Kota Tangerang menambahkan, hal ini untuk meningkatkan ketersediaan, aksesibilitas dalam memenuhi kebutuhan kalangan sendiri, disamping mendukung program perwujudan ketahanan pangan nasional, mendukung program pengembangan bakat dan minat.

“Selain itu, menciptakan ruang kegiatan dan aktifitas tambahan bagi keluarga, komunitas, masyarakat, dan pemangku kebijakan,” jelas Wawan.

Lomba Video Berkebun dilaksanakan pada tanggal 18 Januari–17 Februari 2022 dan untuk sosialisasi lomba pada tangga 18–19 Januari 2022, tutur Wawan, pendaftaran 20 Januari-07 Februari 2022, penilaian 08-13 Februari 2022, tinjauan lapangan 17 Februari 2022 dan pengumuman pemenang 26 Februari 2022 serta penyerahan hadiah di tanggal 26 Februari 2022.

“Juri lomba terdiri dari Dinas Ketahanan Pangan Kota Tangerang, TP PKK Kota Tangerang dan Forum Kota Tangerang Sehat serta Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Kementan RI di Banten,” paparnya.

Wawan menambahkan, pemenang lomba video juara satu Asriyah warga Komplek Puri Dewata Indah Kelurahan Poris plawad Kecamatan Cipondoh, dan juara dua Retnowati warga Komplek Puri Dewata Indah Kelurahan Poris plawad Kecamatan Cipondoh, serta juara tiga Yuyun Yuningsih warga Perum Pondok Arum RT 06/03 Kelurahan Nambo Jaya.

“Hadiah bagi pemenang lomba vidio berupa piala dan uang pembinaan,” tandasnya. (Adv)

No More Posts Available.

No more pages to load.